Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Wajah Dan Rambut Yang Mudah

cara membuat masker alpukatDunia kecantikan memang selalu menjadi perbincangan yang menarik bagi banyak wanita. Selain wajah, tren kecantikan juga bisa dilirik dari rambut atau bagian tubuh wanita yang lain. Nah, untuk merawat anggota tubuh agar tetap cantik banyak wanita yang memilih menggunakan masker. Masker rambut ataupun masker wajah biasa digunakan sebagai bahan perawatan untuk menjaga penampilan mereka. Salah satu bahan yang banyak terkandung dalam masker yang dijual dipasaran adalah alpukat. Seperti apa manfaat buah yang lezat ini untuk kecantikan?

Alpukat mengandung vitamin A, C, E dan berbagai zat antioksidan alami yang bermanfaat tidak hanya bagi kulit tetapi juga untuk rambut. Itulah sebabnya, banyak yang menjadikan alpukat sebagai bahan masker alami. Beberapa langkah berikut ini adalah cara membuat masker dari alpukat untuk rambut dan wajah yang bisa anda praktikkan di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Simak selengkapnya!

Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut

Khasiat buah alpukat bisa juga digunakan untuk merawat rambut yang mengalami berbagai masalah seperti rambut yang mudah kusut, berketombe, kering, hingga kusam. Anda bisa mengolah buah yang lezat ini sebagai masker untuk rambut yang dipadukan dengan bahan-bahan alami lainnya. Rambut yang hitam dan sehat bisa anda miliki dengan mudah. Berikut adalah cara membuat masker alpukat untuk rambut anda!

1. Alpukat dan Air Wortel

cara membuat masker alpukat dengan air wortel

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, alpukat akan menutrisi kulit kepala yang kusam agar lebih sehat dan kuat. Perpaduan masker alpukat dan wortel untuk rambut ini akan menampilkan rambut lebih sehat dan lembut sebagai pengganti kondisioner.

Sediakan satu buah alpukat yang telah dihaluskan dagingnya, kemudian tambahkan sekitar setengah cangkir air perasan wortel. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada rambut anda yang sudah selesai keramas, sambil pijat kulit kepala dengan ringan. Diamkan rambut dengan masker selama 30 menit sambil ditutup menggunakan handuk hangat. Setelah itu, bilas rambut dengan air mengalir sampai bersih.

2. Alpukat dan Santan

Alpukat juga efektif dipadukan dengan santan kental untuk langkah mengatasi kulit kepala yang berketombe dan rambut kering. Cara membuat masker alpukat dan santan adalah dengan menyiapkan sekitar 200 ml santan kental terlebih dulu. Sesuaikan jumlah santan dengan panjang rambut anda ya!
Setelahnya, campurkan santan tersebut dengan alpukat yang telah dihaluskan terlebih dulu hingga masker terbentuk sempurna. Aplikasikan masker pada rambut yang telah selesai keramas dan biarkan selama 30 menit sambil ditutup handuk hangat. Setelah didiamkan, bilas menggunakan air mengalir sampai bersih.

3. Alpukat dan Madu

cara membuat masker alpukat dengan madu

Perpaduan alpukat dengan madu adalah kombinasi yang sangat tepat untuk merawat rambut yang kering. Kandungan madu yang kaya antioksidan akan menutrisi kulit kepala dan menjadikan rambut lebih hitam serta tampak lurus alami. Anda bisa membuat masker alpukat dan madu dengan langkah yang mudah.

Haluskan buah alpukat sampai lumat dan tambahkan sekitar lima sendok makan madu murni. Setelah itu aduk rata campuran masker tersebut kemudian aplikasikan pada rambut anda. Pijat perlahan kulit kepala dan biarkan masker rambut bekerja selama 30 menit. Bilas kemudian rambut anda menggunakan air mengalir hingga bersih dan akhiri dengan keramas seperti biasa.

4. Alpukat dan Minyak Kemiri

Memiliki masalah rambut yang kering dan berwarna kemerahan karena panas matahari? Inilah pilihan masker yang tepat untuk anda mengatasi masalah tersebut. Perpaduan alami alpukat untuk melembutkan rambut dan kemiri yang akan menghitamkan rambut bisa dicoba dirumah. Cara membuat masker alpukat dan kemiri adalah sebagai berikut.

Siapkan minyak kemiri terlebih dulu dengan menghaluskan kemiri yang telah disangrai dan peras kemiri sampai mengeluarkan minyak. Campurkan satu hingga dua sendok makan minyak kemiri pada alpukat yang telah dilumatkan. Aplikasikan masker tersebut pada rambut dan kulit kepala anda sambil dipijat ringan. Diamkan selama satu jam agar minyak kemiri meresap sempurna kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih dan akhiri dengan keramas seperti biasa.

Manfaat masker alpukat untuk wajah tidak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan masker alpukat secara rutin anda akan mendapatkan kulit wajah yang segar dan kenyal. Penmpilan wajah anda akan lebih muda ketika memadukan masker alpukat dengan berbagai bahan alami lainnya. Berikut ini adalah cara membuat masker wajah dari alpukat yang bisa anda praktikkan dirumah!

5. Alpukat Tanpa Campuran

Tanpa campuran apapun, alpukat sudah bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kulit wajah yang tampak segar dan kencang. Anda bisa menggunakan langsung alpukat yang telah dihaluskan terlebih dulu sebagai masker wajah anda. Oleskan langsung alpukat tersebut secara merata pada wajah dan biarkan selama 30 menit, sebelum dibilas menggunakan air. Cara ini bisa membuat wajah lebih segar dan kenyal.

6. Alpukat dan Madu

cara membuat masker alpukat dan madu

Selain berguna untuk menyehatkan rambut ternyata alpukat dan madu juga cocok untuk segala tipe kulit wajah. Ya, anda bisa menggunakan masker alpukat dengan campuran madu alami sebagai masker wajah untuk mendapatkan wajah yang halus dan bebas flek hitam. Tambahkan madu alami pada alpukat yang telah dihaluskan terlebih dulu. Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan masker bekerja selama 30 menit saja. Setelah itu, bilas wajah anda menggunakan air hingga bersih.

7. Alpukat dan Lemon

Lemon memiliki manfaat alami sebagai pencerah wajah dan mengatasi jerawat. Perpaduan lemon dan alpukat akan membuat wajah anda lebih cerah sekaligus tampak kenyal. Sediakan satu buah alpukat yang telah dilumatkan sampai menjadi seperti bubur, kemudian tambahkan air perasan jeruk lemon secukupnya. Setelah tercampur rata, aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Anda bisa bilas wajah menggunakan air dingin setelah 30 menit berselang.

8. Alpukat dan Putih Telur

cara membuat masker alpukat dengan putih telur

Putih telur sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menampilkan kulit yang kencang dan awet muda. Cara membuat masker alpukat dan putih telur bisa dilakukan dengan mencampurkan alpukat halus bersama putih telur yang telah dikocok kasar. Oleskan pada wajah anda dan biarkan selama 30 menit sampai kering. Bilas kemudian wajah menggunakan air hangat sampai bersih kemudian kompres wajah dengan es batu untuk menutup pori-porinya.

9. Alpukat dan Garam

Mengatasi masalah kulit wajah yang berjerawat, anda bisa menggunakan campuran masker alpukat dengan garam dapur. Garam akan menjadi anti bakteri sekaligus anti radang yang akan mengobati wajah berjerawat anda secara alami dari luar. Campurkan saja alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya dengan satu sendok makan penuh garam dapur. Setelah tercampur rata, aplikasikan masker pada wajah anda dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air dingin sampai bersih.

10. Alpukat dan Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik alami yang akan menetralkan bakteri jahat pada kulit wajah anda. Untuk wajah yang halus dan cenderung kering, anda bisa memanfaatkan masker yoghurt dan alpukat. Campurkan alpukat yang telah dihaluskan dengan dua sendok makan yoghurt murni tanpa tambahan gula dan rasa apapun. Setelah tercampur sempurna, aplikasikan masker pada wajah secara perlahan dan diamkan selama 30 menit. Bilas kemudian wajah menggunakan air dingin untuk menghasilkan kulit wajah yang lembab dan segar.

Itulah tadi serangkaian cara membuat masker alpukat untuk rambut dan wajah yang bisa anda praktikkan dengan mudah dirumah. Menggunakan bahan alami untuk terapi kecantikan lebih direkomendasikan agar anda terhindar dari bahaya kosmetik atau bahan kimia lainnya yang bisa merusak kulit. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.