Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Cara Mencukur Bulu Ketiak Yang Benar Tanpa Rasa Sakit

cara mencukur bulu ketiak
Mencukur bulu ketiak merupakan sebuah kebiasaan yang sering dilakukan bagi banyak orang. Tidak peduli pria ataupun wanita, mencukur bulu ketiak bahkan bisa menjadi rutinitas setiap hari saat mereka pergi ke kamar mandi dan membersihkan bagian tubuh lainnya. Kebiasaan mencukur ini memang boleh dilakukan kapan saja, terlebih lagi ketika anda merupakan seseorang dengan hobi mengenakan pakaian tanpa lengan. Dengan mencukur bulu ketiak, tentunya rasa percaya diri anda pun kembali bersinar bukan? Namun, tahukah anda bahwa mencukur bulu ketiak juga ada aturannya?

Perawatan Dan Cara Mencukur Bulu Ketiak Yang Benar

Ya, mencukur bulu ketiak memiliki aturan tertentu agar tidak menimbulkan iritasi atau luka gores pada bagian kulit ketiak yang sangat peka. Tidak hanya itu, mencukur bulu ketiak juga bisa menyebabkan ketiak berwarna gelap sehingga menurunkan rasa percaya diri ketika harus memakai pakaian tanpa lengan. Inilah sebabnya, anda perlu menerapkan cara mencukur bulu ketiak yang tepat sekaligus melakukan perawatan pada ketiak yang sering dicukur tersebut.

Perawatan untuk ketiak ini dilakukan agar bagian ketiak tidak menghitam setelah dicukur dan kelembaban di area ketiak tetap terjaga. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mencukur bulu ketiak yang baik dan benar untuk bisa anda terapkan dan menjaga ketiak tetap sehat!

1. Lakukan Saat Mandi atau Sesudahnya

cara mencukur bulu ketiak saat mandi atau sesudahnya

Biasanya, kegiatan rutin mencukur bulu ketiak ini dilakukan bersamaan dengan waktu mandi. Anda boleh memilih antara waktu saat mandi atau setelahnya. Pada kondisi tersebut, ketiak masih dalam kondisi lembab sehingga menghindarkan anda dari risiko kulit terluka. Kondisi kulit yang lembab akan membantu anda saat mencukur dan memudahkan anda karena kondisi kulit yang masih terjaga elastisitasnya.

2. Meluangkan Waktu

Usahakan agar anda tidak dalam kondisi terburu-buru saat mencukur. Cara merontokkan bulu ketiak yang baik adalah dengan meluangkan waktu setidaknya selama 30 menit sebagai waktu anda memanjakan dan merawat bagian ketiak tersebut. Kebiasaan mencukur bulu ketiak dengan terburu-buru hanya akan membuat kulit ketiak semakin kasar dan bisa saja anda terluka dengan pisau cukur yang tajam.

3. Pakailah Pisau Cukur yang Sesuai

cara mencukur bulu ketiak dengan memakai pisau cukur yang sesuai

Kulit ketiak merupakan bagian tubuh dengan kulit yang lebih peka dibandingkan bagian tubuh lainnya. Untuk itu, ketika anda ingin mencukur bulu ketiak, persiapkan pisau cukur yang tepat dan dilengkapi dengan strip untuk menjaga kulit ketiak tidak terluka saat pencukuran dilakukan. Banyak wanita yang kurang memerhatikan hal ini dengan membeli pisau cukur lebih murah, padahal jenis pisau cukur yang murah tersebut umumnya hanya unggul dalam hal ketajaman saja bukan keamanan bagi kulit mereka.

4. Perhatikan Arah Mencukur

Arah mencukur juga harus mendapat perhatian. Pasalnya, bulu ketiak juga tidak tumbuh pada satu arah saja. Pastikan untuk mencukur bulu ketiak dari empat arah dengan gerakan yang pendek dan berulang. Jangan mencukur dengan memperluas area cukur karena hal ini tidak akan efektif menghilangkan bulu ketiak hingga bersih.

5. Mencukur Dengan Perlahan

Seperti yang disebutkan tadi bahwa mencukur bulu ketiak tidak boleh dilakukan dengan terburu-buru karena bisa berisiko luka pada bagian tersebut. Cara mencukur bulu ketiak bisa dilakukan dengan pelan namun pastikan pisau cukur anda menempel dengan benar pada bagian ketiak yang ingin dibersihkan.

6. Tarik Kulit Ketiak

Kebiasaan mencukur bulu ketiak sambil bercermin banyak dilakukan orang ketika ingin membebaskan ketiak mereka dari bulu. Namun, langkah ini tidak akan efektif untuk menghilangkan semua bulu ketiak anda. Cobalah menarik sedikit kulit ketiak agar anda bisa mencukur bulu ketiak lebih bersih di area yang tidak terlihat di cermin.

7. Gunakan Foam yang Tepat

cara mencukur bulu ketiak dengan foam yang tepat

Mencukur bulu ketiak bagi pria biasanya menggunakan foam pembersih yang bisa dibeli dipasaran. Tidak sedikit juga wanita yang juga menggunakan foam sejenis untuk membersihkan bulu ketiak mereka. Cara ini cukup efektif untuk memudahkan pencukuran bulu ketiak, namun perhatikan jenis kulit ketiak anda. Pastikan memilih jenis foam yang tepat dan memiliki formula ringan untuk bagian sensitif anda tersebut.

8. Ketiak Dalam Keadaan Bersih

Jika kebetulan anda ingin mencukur bulu ketiak dalam kondisi tanpa mandi, saat seperti ini diperbolehkan. Usahakan agar kondisi ketiak saat akan dicukur benar-benar bersih terlebih dulu. Anda bisa membersihkan ketiak dengan mencucinya menggunakan sabun dan pastikan sisa deodorant juga terangkat agar tidak mengganggu mata pisau cukur anda.

9. Tangan Terangkat Dalam Posisi Tepat

Tangan yang terangkat dalam posisi yang sesuai menentukan bulu ketiak bisa terangkat sempurna saat dicukur. Tarik keatas tangan anda dengan posisi melingkar di atas kepala serta tangan menyentuh telinga pada sisi yang berlawanan. Posisi ini bisa menarik kulit ketiak lebih baik dan memudahkan anda untuk mencukurnya.

10. Pelembab Setelah Mencukur

Gunakan pelembab setelah anda mencukur bulu ketiak dan sudah membersihkan ketiak dari bekas bulu halus yang masih menempel. Langkah ini sebagai perawatan alami kulit ketiak agar tetap elastis. Jangan lupa untuk mencuci ketiak setelah proses pencukuran ketiak menggunakan air hangat ya! Saat area ketiak dicuci dengan air hangat, maka pori-pori di bagian tersebut akan terbuka dan mampu menerima kandungan pelembab alami yang dioleskan.

11. Kompres Air Dingin

cara mencukur bulu ketiak dengan kompres air dingin

Jika ternyata tidak sengaja anda terkena pisau cukur, maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mengompres bagian ketiak menggunakan air dingin untuk mengurangi iritasi. Cucilah ketiak setelahnya menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencegah luka infeksi lebih lanjut.

12. Hindari Mencabut Bulu Ketiak

Menghilangkan bulu ketiak dengan mencabutnya merupakan langkah yang bertujuan sama, yakni untuk menjadikan ketiak bebas dari bulu. Namun, langkah ini ternyata tidak disarankan karena selain bisa menimbulkan iritasi juga bisa membuat folikel rambut ketiak semakin terangsang untuk terus tumbuh.

13. Perawatan Ketiak

Setelah mencukur bulu ketiak dengan benar, sebaiknya anda juga melakukan perawatan menggunakan berbagai bahan alami agar ketiak tetap sehat dan bebas bulu. Terutama ketika anda juga memiliki masalah dengan bau badan, wajib kiranya menerapkan cara menghilangkan bulu ketiak dengan benar sekaligus melakukan perawatan pada ketiak.

Beberapa bahan alami yang bisa diaplikasikan untuk merawat ketiak adalah lemon, yoghurt, minyak zaitun, atau bengkoang. Bahan alami tersebut tidak hanya mencegah ketiak menjadi hitam karena sering dicukur tetapi juga mampu mencerahkan ketiak secara alami serta merawat kelembaban pada area ketiak tersebut. Pastikan anda menggunakan deodorant yang sesuai dengan jenis kulit anda untuk mendapatkan ketiak yang sehat dan wangi!

Demikian artikel tentang cara mencukur bulu ketiak yang baik dan benar untuk menghindarkan anda dari risiko iritasi serta luka karena pisau cukur. Dengan mengetahui cara yang disebutkan diatas, ketiak anda pun akan lebih sehat dan bebas dari bulu dalam waktu lebih lama. Semoga bermanfaat ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.