Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Yang Ampuh dan Alami Tanpa Obat

cara mengatasi gusi bengkakPernah mengalami gusi bengkak? Tentunya kondisi yang satu ini cukup mengganggu tidak hanya di dalam mulut, tetapi juga sistem metabolisme tubuh. Penyebab gusi bengkak yang seringkali dialami adalah karena infeksi bakteri yang berada di dalam mulut. Munculnya gusi bengkak juga ditandai dengan gejala seperti napas tidak sedap, nyeri, perih pada gusi serta gigi.
Cara mengatasi gusi bengkak tidak selalu harus mengandalkan obat saja. Masih banyak langkah untuk mengobati gusi yang bengkak dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar anda.

Ini Dia Cara Mengatasi Gusi Bengkak Alami

Mengatasi gusi bengkak dengan memakai bahan alami akan lebih aman dan tidak mengandung risiko bagi kesehatan jangka panjang. Seperti apa cara mengobati gusi bengkak dengan alami? Simak penjelasan berikut ini yuk!

1. Kompres Dingin

Yang pertama adalah dengan melakukan kompres air dingin pada bagian gusi yang membesar. Sediakan handuk lembut dan rendam dalam air es, peras handuk dan tempelkan pada bagian pipi yang terkena gusi bengkak. Anda juga bisa menaruh es batu pada sebuah kain lembut, kemudian bungkus es batu tersebut dan tempelkan pada bagian gusi yang bengkak. Cara ini digunakan sebagai penghilang rasa nyeri yang diakibatkan oleh gusi bengkak.

2. Berkumur Air Garam

 

cara mengatasi gusi bengkak dengan berkumur air garam

Garam merupakan bumbu dapur yang juga bermanfaat sebagai penghilang bakteri. Banyak penyakit dalam mulut yang berhasil sembuh menggunakan garam sebagai obat kumur alami. Untuk menggunakannya, sediakan satu gelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh garam dapur. Gunakan untuk berkumur sampai habis. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mengusir bakteri yang ada di dalam mulut dan membuat gusi bengkak kembali normal.

3. Minyak Cengkeh

Khasiat alami minyak cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai obat gangguan mulut, seperti sakit gigi, gigi berlubang atau gusi bengkak. Mengobati gusi bengkak menggunakan minyak cengkeh adalah dengan menempelkan kapas yang sudah dicelupkan pada minyak cengkeh sebelumnya. Tempelkan pada sela gusi yang bengkak selama satu jam, kemudian kumur dengan air hangat untuk membersihkannya. Minyak cengkeh mengandung senyawa anti radang yang bisa membantu gusi kembali kempis.

4. Pasta Jahe

cara mengatasi gusi bengkak dengan pasta jahe

Jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang berfungsi sebagai anti radang alami. Untuk peradangan gusi yang membuat gusi menjadi bengkak, bisa diantisipasi dengan pasta jahe. Cara membuat pasta jahe cukup mudah, sediakan dua ruas jahe yang telah dihaluskan kemudian tambahkan setengah sendok teh garam dapur. Setelah tercampur, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa agar bentuknya sama seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian gusi yang bengkak dan diamkan selama satu jam. Bilas dengan kumur air hangat.

5. Lemon

Lemon diperkaya kandungan asam yang bermanfaat untuk menjaga kadar keasaman di dalam mulut. Jika pH dalam mulut seimbang, maka pengobatan akan lebih cepat bereaksi. Lemon juga mengandung antibakteri yang berfungsi mengusir bakteri penyebab gusi bengkak di dalam mulut. Cukup larutkan perasan lemon dengan setengah cangkir air hangat. Pakai larutan tersebut sebagai obat kumur alami secara rutin setelah mengonsumsi sesuatu.

6. Jeruk Nipis

Selain buah lemon, jeruk nipis juga memiliki manfaat yang sama untuk mengobati gusi bengkak. Jeruk nipis mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami untuk mengatur pH didalam mulut anda. Menggunakan perasan jeruk nipis yang telah dilarutkan dengan air hangat, bisa membantu menghilangkan bakteri penyebab gusi bengkak. Pakailah larutan air dan perasan jeruk nipis sebagai obat kumur alami setelah menggosok gigi.

7. Belimbing Wuluh

cara mengatasi gusi bengkak dengan blimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa yang masam karena kandungan asam alami yang diperkaya dengan vitamin C, serta anti radang dan antibakteri. Mengatasi gusi yang bengkak juga bisa dengan memanfaatkan buah mungil yang satu ini. Ambil beberapa buah belimbing wuluh, kemudian cuci bersih. Tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian gusi yang membengkak. Diamkan selama 30 menit, bilas dengan kumur air hangat.

8. Bawang Merah

Mungkin agak aneh saat mendengar bawang merah sebagai obat gusi bengkak. Namun, pada kenyataannya bawang merah mengandung antiseptik alami untuk membunuh kuman di dalam mulut lho! Tumbuk satu siung bawang merah yang telah dikupas, kemudian campurkan dengan setengah sendok teh garam dapur. Tempelkan pada gusi yang membengkak selama 15 menit dan bilas dengan berkumur.

9. Bawang Putih

Tidak hanya bawang merah, bawang putih juga berkhasiat alami sebagai antiradang. Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan menggunakan bawang putih adalah menempelkan bawang putih halus ke bagian gusi yang bengkak. Ambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Tumbuk halus bawang putih, tambahkan satu sendok teh garam dapur. Tempelkan pada bagian gusi bengkak selama 30 menit kemudian bilas dengan berkumur menggunakan air hangat.

10. Merica

cara mengatasi gusi bengkak dengan merica

Merica mengandung antibakteri, anti radang dan sebagai penghilang nyeri alami. Untuk mengobati gusi bengkak karena infeksi, cobalah dengan menghaluskan beberapa butir merica terlebih dulu. Tambahkan tiga tetes minyak kelapa kemudian temple atau oleskan pada gusi yang bengkak. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan berkumur air hangat.

11. Air Kelapa

Kandungan khasiat alami dalam air kelapa bermanfaat untuk membantu menurunkan demam akibat peradangan gusi, mengurangi rasa sakit gusi dan gigi, serta mengurangi bakteri penyebab gusi bengkak. Untuk menggunakannya, anda bisa memakai air kelapa sebagai obat kumur saja, atau dengan mengonsumsi air kelapa setiap satu gelas per hari untuk menghilangkan peradangan dari dalam.

12. Getah Jarak

Getah daun jarak mengandung anti kuman yang akan membunuh kuman penyebab penyakit gusi. Bila tersedia getah jarak, ambil sebanyak tiga tetes saja pada kapas dan tempelkan di area gusi yang sakit. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat sebagai obat kumur.

13. Sereh

cara mengatasi gusi bengkak dengan sereh

Selain melezatkan masakan, daun sereh juga efektif sebagai obat anti radang alami yang disediakan oleh alam. Anda bisa membuat obat kumur dari rebusan batang sereh dengan beberapa bagian air. Setelah matang dan hangat, gunakan air rebusan sereh ini untuk berkumur secara rutin agar pembengkakan pada gusi bisa berkurang.

14. Asam Jawa

Menggunakan asam jawa juga merupakan cara mengatasi gusi bengkak yang efektif. Namun, asam jawa hanya perlu digunakan bijinya saja. Biji asam jawa diperkaya anti kuman yang berfungsi mematikan kuman membandel di dalam sela gusi dan gigi. Sangrai beberapa butir biji asam jawa, kemudian tumbuk hingga halus. Taruh biji asam yang telah halus di bagian gusi yang bengkak dengan cara menempelkannya menggunakan kapas yang ditetesi minyak kelapa.

15. Daun Jambu

Daun jambu biji mengandung antibakteri yang akan membantu mengempiskan gusi bengkak. Selain itu, daun jambu biji juga berkhasiat menghilangkan nyeri akibat gusi bengkak itu. Daun jambu biji bisa dikunyah langsung sebagai obat gusi bengkak. Namun, bagi anda yang agak risih boleh menggunakan air rebusan daun jambu biji sebagai obat kumur biasa untuk mengatasi gusi bengkak.

Demikian artikel informatif tentang cara mengatasi gusi bengkak yang bisa dilakukan secara alami dan aman. Memanfaatkan bahan yang ada di sekitar sebagai obat tidak hanya aman tetapi juga lebih efektif. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.