Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Tradisional

cara mengatasi keputihan saat hamil
Keputihan adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan perempuan. Keputihan adalah hasil dari ketidakstabilan hormon di dalam tubuh perempuan. Biasanya, keputihan terjadi di sekitar masa-masa haid baik sebelum maupun sesudahnya. Keputihan juga bisa terjadi pada seorang perempuan yang tengah mengandung. Meski merupakan hal normal, keputihan biasanya memberikan efek yang tidak nyaman. Apalagi bagi Anda yang mengalaminya ketika tengah berbadan dua.

Ini Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Yang Ampuh

Mengatasi keputihan saat hamil haruslah cara-cara yang aman bagi pertumbuhan janin. Anda bisa memulainya dengan membersihkan kewanitaan dan mengonsumsi bahan-bahan yang aman untuk perempuan hami. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati keputihan saat hamil yang bisa Anda lakukan.

1. Menjaga Kebersihan Organ Intim

Keputihan fisiologis atau normal selalu ditandai dengan munculnya cairan lengket berwarna bening dari kewanitaan, oleh karena itu keputihan juga disebut sebagai sekresi kewanitaanl. Namun keputihan patologis yang menandai sebuah penyakit ditandai dengan munculnya cairan berwarna puith pekat atau kehijauan. Apapun bentuknya, keputihan selalu menjadi tanda dari ketidakbersihan organ kewanitaan.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kewanitaan adalah langkah paling utama yang perlu dilakukan oleh ibu hamil dengan keluhan keputihan. Untuk membuat organ intim tetap sehat, sebaiknya ibu hamil tidak menggunakan celana dalam yang terlalu ketat karena membuat keringat mengumpul di area kewanitaan. Keringat yang berlebih akan menggangu kesehatan kewanitaan. Kesehatan kewanitaan juga bisa dipengaruhi oleh aktivitas berendam dengan air hangat, membasuh dengan tisu setelah buang air, atau berganti pasangan sex.

2. Mengonsumi Buah-buahan

cara mengatasi keputihan saat hamil dengan mengkonsumsi buah buahan

Untuk mengurangi risiko keputihan saat hamil, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan. Tentu saja, buah-buahan yang dipilih adalah buah-buahan yang tidak memiliki efek buruk terhadap janin. Beberapa jenis buah-buahan yang direkomendasikan untuk perempuan hamil dengan keluhan keputihan adalah pisang, mangga, dan cranberry.

Keampuhan pisang dalam mengatasi keputihan sudah terbukti lewat penelitian yang dipublikasikan di Bharathiar University, India. Pisang memiliki berbagai jenis kandungan yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Mengonsumsi pisang matang yang dikombinasikan dengan mentega secara teratur bisa mengobati keputihan saat Anda hamil secara alami.

3. Mengaplikasian Yoghurt

Jenis makanan lain yang aman untuk dikonsumi oleh ibu hamil adalah yoghurt. Yoghurt adalah makanan paling baik untuk mengatasi keputihan saat hamil. Sebab, yoghurt mengandung probiotics. Bakteri baik yang banyak terkandung dalam yoghurt mampu menyembuhan infeksi dalam tubuh, mengatasi keputihan yang tidak terkontrol, serta membantu Anda menikmati proses kehamilan.
Selain dikonsumi secara harian, yoghurt juga bisa digunakan dengan cara berbeda. Untuk mengatasi keputihan yang berlebihan saat hamil, ambillah beberapa sendok yoghurt. Anda bisa mengoleskan yoghurt di sekitar area kewanitaan Anda. tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih sampai kering.

4. Terhidrasi dengan Teh

cara mengatasi keputihan saat hamil terhidrasi dengan teh

Siapa yang tidak suka green tea? Minuman tersebut kini menjadi primadona banyak orang. Teh hijau banyak dikonsumsi bukan karena rasanya yang nikmat melainkan karena manfaatnya yang besar untuk tubuh manusia. Salah satu gangguan yang bisa diselesaikan dengan minum teh hijau adalah masalah keputihan saat hamil.

Teh hijau bisa dinikmati dengan cara yang simpel. Anda bisa meminumnya langsung tanpa gula, dengan gula, tambahan madu, serta tambahan daun blackberry. Bagaimana pun cara Anda menikmatinya, antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau mampu memberikan efek terhadap sistem imun. Kekebalan tubuh yang baik saat masa kehamilan akan membuat Anda terhindari dari keputihan.

5. Menggunakan Rempah-Rempah

Salah satu cara mengatasi keputihan saat hamil bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan makanan yang terdapat di dapur. Beberapa di antaranya adalah bawang putih, jahe, dan saffron. Ketiga bahan tersebut mengandung antibakterial yang membuat risiko terkena keputihan semakin kecil.

Selain dikombinasikan dalam resep masakan sehari-hari, ketiga jenis rempah tersebut bisa Anda olah sendiri. Bawang putih misalnya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan menghaluskannya. Campurkan ke dalam air putih. Mengonsumsi cairan ini di pagi hari ketika perut kosong adalah pilihan terbaik.

6. Daun Basil

cara mengatasi keputihan saat hamil dengan daun basil

Daun basil jika dikonsumsi dengan tepat akan memberikan manfaat untuk mengatasi keputihan saat Anda hamil. Ada banyak cara untuk mengolah daun basil. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengekstraksi daun basil lantas mencampurnya dengan madu. Anda bisa mengonsumsinya dalam jangka waktu dua minggu ketika masa kehamilan. Anda juga bisa mengombinasikan setengah teh sendok sari basil dengan bubuk cumin lantas mencampurkannya pada segelas susu sapi.

7. Fenugreek dan Cumin Seed

Ada beberapa jenis biji-bijian yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi keputihan. Dua jenis biji-bijian tersebut cukup aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Anda bisa mengonsumsinya dengan mudah. Dua sendok teh fenugreek seeds bisa Anda masukkan ke dalam empat gelas air putih. Namun, cara yang paling banyak digunakan adalah dengan menyeduhnya menjadi teh.

Rebus fenugreek seeds dalam air mendidih, saring, dan minum secara teratur. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menambah cita rasa. Minumlah ramuan tersebut saat perut masih kosong di pagi hari. Hal tersebut akan membuat kandungan mineral di dalamnya lebih mudah dicerna oleh tubuh.

8. Berendam dengan Minyak Pohon Teh

cara mengatasi keputihan saat hamil dengan berendam di minyak pohon teh

Bukan hanya daun teh yang bisa Anda konsumi untuk mengatasi keputihan saat hamil. Minyak yang diolah dari pohon teh juga bisa dijadikan alternatif. Manfaat yang dihasilkan berasal dari antiseptik yang terkandung di dalamnya. Antiseptik tersebut mampu membunuh salah satu penyebab keputihan, yakni bakteri. Keampuhan minyak tersebut telah dipaparkan oleh University of Maryland.

Dapatkan manfaat dari minyak pohon teh dengan cara meneteskannya ke dalam air hangat dalam bathtube. Rendamlah bagian bawah atau seluruh tubuh Anda selama sekitar satu setengah jam. Setelah itu, basuh tubuh Anda menggunakan air dingin. Untuk manfaat yang lebih besar, Anda bisa membasuh kewanitaan Anda tanpa berendam dengan minyak ini, cukup lakukan 2 hingga empat kali dalam sehari.

9. Air Beras atau Tajin

Mengonsumsi air beras ternyata bisa menjadi cara mengatasi keputihan saat hamil. Air ini bisa Anda dapatkan dengan membasuh beras. Air beras mengandung tajin. Tajin mampu mengatasi keputihan dengan cara meringankannya. Air tajin bisa dikonsumsi dengan cara ditambahkan dengan madu atau dibasuhkan begitu saja pada vagian. Penggunaan yang teratur nicaya akan membuat keputihan Anda saat hamil sirna.

10. Membilas dengan Air Rebusan Daun Jambu

Beberapa jenis daun juga ternyata bisa menjadi cara mengatasi keputihan saat hamil. Misalnya daun jambu, daun pomegranat, daun walnut dan daun betel. Dari beberapa jenis tersebut, daun jambu tampaknya daun yang bisa dengan mudah ditemukan.

Salah satu cara untuk mengambil manfaat dari daun jambu adalah dengan menjadikannya air bilasan. Untuk langkah pertama, ambillah beberapa daun segar lalu bersih dan keringkan. Daun jambu yang bersih bisa Anda rendam di dalam air. Setelah itu, didihkan selama satu setengah jam lalu keringkan. Saring daun dan ambil air rebusannya. Tunggu hingga dingin. Air rebusan daun jambu bisa digunakan dengan cara dibilas atau disemprotkan ke area kewanitaan.

Cara menghilangkan keputihan saat hamil memang susah-susah gampang. Meski mengganggu, Anda juga perlu memperhatikan keamanan janin yang Anda kandung. Untuk itulah, cara mengatasi keputihan menggunakan bahan alami yang aman cukup dianjurkan. Jangan lupa lakukan secara teratur untuk manfaat yang lebih maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.