Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Ketiak Basah Dan Berbau Secara Permanen

 cara mengatasi ketiak basahKetiak yang basah merupakan sebuah masalah yang harus diperhatikan agar tidak mengurangi rasa percaya diri. Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, ketiak basah juga merupakan penyebab dari bau badan yang tidak sedap. Mengatasi ketiak yang basah tidak bisa dilakukan hanya dengan memakai deodorant saja. Penggunaan deodorant justru bisa menyebabkan ketiak basah semakin mengeluarkan bau yang kurang nyaman sekaligus menimbulkan bekas pada pakaian.

Ini Dia Cara Mengatasi Ketiak Basah Yang Ampuh

Menghilangkan ketiak basah yang banyak diterapkan adalah dengan menggunakan parfum atau deodorant. Sayangnya, langkah ini justru bisa menimbulkan bau yang tidak nyaman pada tubuh anda. Beberapa cara mengatasi ketiak basah dengan menggunakan bahan alami justru direkomendasikan untuk mengusir masalah ketiak basah dari hidup anda secara tuntas. Penasaran dengan caranya? Intip infonya disini ya!

1. Mentimun

Mentimun ternyata merupakan bahan efektif yang sangat bermanfaat untuk mengurangi masalah ketiak yang basah. Mentimun diperkaya dengan kandungan air yang efektif untuk mengurangi bau pada ketiak. Anda bisa menggunakan irisan mentimun dan menempelkan getah mentimun pada ketiak dalam posisi terbuka selama 20 menit saja kemudian bisa dibilas sampai bersih. Getah mentimun inilah yang dinilai efektif mengatasi ketiak basah. Lakukan treatment ini secara rutin untuk mengatasi masalah ketiak basah.

2. Backing Soda

 cara mengatasi ketiak basah dengan bakong soda

Selain mentimun, anda juga bisa menggunakan backing soda sebagai langkah mengatasi ketiak basah dan berbau. Backing soda akan mampu menyeimbangkan kadar keasaman pada bagian lipatan tubuh seperti ketiak dan leher. Untuk menggunakannya, campurkan dua sendok teh backing soda dengan air secukupnya. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Lemon

Cara menghilangkan ketiak basah juga bisa dengan memanfaatkan buah lemon yang kaya akan kandungan vitamin C alami. Lemon juga efektif mengurangi produksi keringat berlebihan yang menjadi penyebab bau badan pada tubuh. Belah lemon menjadi dua bagian dan gosokkan pada bagian ketiak untuk mengangkat sel kulit mati pada area ketiak. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin. Lakukan langkah ini dengan rutin untuk mengatasi ketiak yang basah hanya dalam dua minggu saja.

4. Cuka Putih

 cara mengatasi ketiak basah dengab cuka putih

Cuka putih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketiak basah. Cobalah dengan memakai cuka putih secara rutin. Oleskan cuka putih secukupnya pada ketiak anda dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Treatment ini bisa dilakukan dengan rutin setiap dua kali seminggu untuk menjaga kadar keringat pada tubuh anda terutama di bagian ketiak.

5. Tawas

Tawas sudah sejak lama mengatasi masalah ketiak mulai dari ketiak basah hingga bau badan yang disebabkan keringat berlebihan. Cara mengatasi ketiak basah menggunakan tawas juga tidak terlalu sulit untuk dipraktikan bagi anda. Ambil sebagian tawas dan haluskan hingga menjadi serbuk. Setiap selesai mandi dan kondisi ketiak telah kering, balurkan tawas serbuk tersebut pada ketiak anda dan gunakan beraktifitas. Produksi keringat yang berlebihan pada ketiak akan berkurang bila anda rutin menggunakan tawas sebagai pengganti deodorant.

6. Bedak Bayi

 cara mengatasi ketiak basah dengan bedak bayi

Bedak bayi bisa digunakan sebagai cara agar ketiak tidak basah yang cukup efektif. Meski nantinya akan meninggalkan bekas disaat kering, namun bedak bayi bisa digunakan pada waktu darurat ketika anda membutuhkan penyerap keringat. Taburkan saja bedak bayi pada saat membutuhkan dan biarkan sampai kering. Bedak bayi memiliki formula ringan yang bisa digunakan untuk menyerap keringat ketika anda mengenakan pakaian berbahan sintetis.

7. Hindari Makanan Berlemak

Menghindari makanan berlemak adalah cara mengatasi ketiak basah yang bisa anda lakukan dengan menjaga pola makan anda. Makanan berlemak seperti lemak daging, santan, atau makanan yang pedas juga menyumbang cukup intens pada produksi keringat tubuh. Makanan berlemak juga tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering demi alasan kesehatan. Untuk itu, anda pun akan mendapatkan manfaat ganda karena disamping menjaga pola makan yang sehat, masalah ketiak basah juga bisa teratasi dengan baik.

8. Cukur Bulu Ketiak Rutin

Bulu ketiak bisa menjadi penyebab aera ketiak semakin lembab dan basah. Biasanya, orang akan lebih sering mencukur bulu ketiak untuk menghilangkan ketidaknyamanan tersebut. Terutama bagi seorang wanita, pastinya mencukur bulu ketiak bisa menjadi rutinitas setiap kali berada di kamar mandi. Bagi anda yang ingin mengatasi ketiak basah dengan efektif, lakukan cukur bulu ketiak secara rutin dengan langkah dan metode yang tepat.

9. Bersihkan Ketiak Dengan Scrub

 cara mengatasi ketiak basah dengan scrub

Scrub disarankan bagi anda yang memiliki masalah ketiak basah sekaligus bau badan. Dengan metode scrub pada ketiak, anda bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran serta mengurangi produksi keringat yang berlebihan. Beberapa bahan yang bisa anda manfaatkan sebagai scrub alami untuk ketiak antara lain seperti tomat, minyak zaitun, dan strawberry. Aplikasikan bahan alami tersebut dengan mencampurkannya bersama oatmeal atau gula pasir sebagai scrub alami.

  • Scrub tomat bisa dibuat dengan mencampurkan satu buah tomat segar yang telah halus dengan satu sendok makan gula pasir. Aduk rata, dan aplikasikan pada ketiak anda sambil dipijat atau digosok ringan. Biarkan 15 menit dan bilas ketiak hingga bersih.
  • Scrub minyak zaitun dibuat dengan mencampurkan dua sendok teh gula pasir dengan tiga sendok makan minyak zaitun. Setelah tercampur, gosokkan campuran tersebut pada ketiak dan biarkan selama 15 menit saja. Bilas kemudian ketiak menggunakan air hingga bersih.
  • Scrub Oatmeal dan strawberry dibuat dengan mencampurkan kedua bahan tersebut hingga halus. Anda bisa menggunakan blender dengan menambahkan sedikit air agar terbentuk pasta scrub. Gosokkan pada ketiak anda yang bermasalah dan biarkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

10. Mengelola Stres

Produksi keringat berlebihan juga bisa disebabkan karena ketidakstabilan emosi dan pengaruh stres. Untuk anda yang ingin mengatasi ketiak basah secara efektif, sebaiknya mulai dengan mengelola stres dengan tepat dan menghindari kondisi stres yang akan berakibat buruk bagi keseimbangan hormon anda. Kelola stres dengan baik serta sempatkan waktu untuk berlibur atau memanjakan diri anda sejenak dengan melakukan hobi yang anda sukai untuk membantu mengatasi stres dan mengurangi keringat yang berlebihan.

Penyebab ketiak yang basah tidak selalu karena faktor hormonal saja tetapi juga bisa dikarenakan kebiasaan lain seperti merokok, makanan berlemak, dan bahan pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik. Selain menggunakan treatment seperti diatas, sebaiknya anda juga mengatasi ketiak basah dengan menghilangkan kebiasaan tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi ketiak basah yang bisa diterapkan dengan mudah untuk menghilangkan ketiak basah secara tuntas dari masalah tubuh anda. Langkah alami diatas bisa dilakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat ketiak anda terbebas dari keringat serta bau badan yang mengganggu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.