Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghapus Tato Permanen Paling Ampuh Dan Alami

cara menghapus tatoMeski sudah menjadi bagian dari seni, tato masih dipandang buruk oleh masyarakat konservatif. Oleh karena itu, tidak banyak pengguna tato yang kemudian berpikir untuk menghapusnya. Dari sekian banyak cara menghapus tato, penanganan yang dilakukan oleh medis barangkali pilihan yang tepat. Mereka bisa menggunakan sinar laser. Namun, menghapus tato dengan cara seperti ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Ini Dia Cara Menghapus Tato Dengan Mudah

Tato pada dasarnya bukan kebudayaan yang tiba dari luar nusantara, oleh karena itu masyarakat tradisional Indonesia memiliki caranya sendiri untuk menghapus tato-baik tato sementara maupun permanen.

Cara menghapus tato tidak hanya bisa dilakukan dengan ahli medis menggunakan sinar laser, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak berbahaya. Cara-cara tersebut bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menghapus tato dengan biaya yang terbilang kecil. Meski begitu, tetap saja Anda perlu bimbingan dari orang yang paham.

1. Minyak Lavender

cara menghapus tato dengan minyak lavender

Minyak lavender bukanlah barang baru di dunia saat ini. Minyak ini banyak sekali digunakan dalam berbagai produk tradisional maupun modern. Minyak lavender memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kulit. Oleh karena itu, minyak lavender selalu menjadi alternatif bahan untuk menghilangkan tato secara alami. Ada pun cara menghilangkan tato dengan minyak lavender adalah sebagai berikut.

  • Siapkan satu mangkuk minyak lavender dan kapas,
  • Ambil kapas dan celupkan ke dalam minyak lavender,
  • Ratakan di area kulit bertato dan usap dengan lembut,
  • Biarkan kering,
  • Gunakan secara teratur dua kali sehari.

Menggunakan minyak lavender dalam upaya menghilangkan tato ternyata memiliki banyak keuntungan. Selain harganya yang murah, minyak lavender bisa menghilangkan tato dengan hasil terbaik dan cepat tanpa membuat kulit menjadi terbakar atau terluka. Oleh karena itu kenapa minyak lavender sering dijadikan pilihan utama untuk menghilangkan tato tanpa bekas.

2. Menggunakan Pasta Bubuk Pasir dan Batu Gerindra

Cara lain untuk menghilangkan tato adalah dengan menggunakan bubuk pasir dan batu gerindra. Sama halnya dengan penggunaan minyak lavender, Anda hanya perlu teratur mengoleskan pasta yang terbuat dari dua bahan tersebut pada bagian kulit bertato yang ingin Anda bersihkan. Adapaun caranya adalah sebagai berikut.

  • Haluskan pasir dan batu gerinda,
  • Campurkan keduanya dengan lidah buaya sampai rata,
  • Gosokkan pasta pada tato yang ingin dihapus,
  • Tunggu beberapa saat,
  • Hapus olesan pasta dengan menggunakan walnut scrub.

Meski akan memberikan efek luka dan membuat kulit Anda tipis, cara menghapus tato dengan bubuk pasir dan batu gerinda adalah salah satu cara paling efektif yang bisa Anda coba. Jangan lupa pahami langkah-langkahnya dengan benar atau minta bantuan dari orang yang sudah melakukannya untuk mendapatkan hasil paling baik.

3. Menggunakan Teknik Salabrasion

Meski teknik menghilangkan tato sudah semakin modern dengan penggunaan sinar laser, salabrasion masih dilakukan oleh beberapa orang. Salabrasion adalah salah satu teknik menghilangkan tato tradisional dengan bahan utama garam. Salabrasion masih banyak dilakukan menilik bahan utamanya yang mudah didapatkan dan hasilnya yang tidak mengecewakan.

Bahan utama teknik salabrasion adalah garam, air, dan alat penggosok. Adapung langkah-langkah salabrasion yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan bagian kulit bertato dari bulu dan kotoran,
  • Campurkan 1 sdt garam dan air,
  • Oleaskan di bagian kulit bertato,
  • Gosok dengan alat penggosok hingga tato terkelupas,
  • Lumurkan antibiotik,
  • Perban.

Meski memberikan hasil yang memuaskan, menggunakan teknik salabrasion untuk menghilangkan tato tidak lepas dari efek samping. Salah satu efek samping yang bisa Anda derita adalah kuli terkelupas, berwarna kemerahan, hingga infeksi. Oleh karena itu, sebelum mengulangi teknik salabrasi setiap tiga hari sekali, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

4. Lidah Buaya

cara menghapus tato dengan lidah buaya

Lidah buaya bisa menjadi cara yang berguna dalam proses menghilangkan tato dari kulit. Bahan ini bisa Anda campur dengan pederia tomentosa dan vitamin E. Adapun pengaplikasian lidah buaya dalam upaya menghilangkan tato adalah sebagai berikut.

  • Pilihlan lidah buaya paling segar,
  • Haluskan, campurkan dengan 1 sdt pederia tomentosa dan vit. E,
  • Aduk hingga merata dan membentuk pasta,
  • Aplikasikan di bagian kulit bertato selama 10 menit,
  • Basuh bagian tersebut dengan air hangat,
  • Lakukan secara teratur setiap hari hingga tato hilang sempurna.

5. Mengaplikasikan Perasaan Jeruk Lemon

Tidak hanya berguna untuk melepaskan dahaga, perasan lemon juga dapat memberikan kontribusi untuk menghilangkan tato dari bagian tubuh Anda. Dalam pengaplikasiannya, perasan lemon bisa Anda campur dengan beberapa sendok teh garam. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut.

  • Campurkan 100 gram garam dan perasan lemon,
  • Celupkan kapas,
  • Gosok di bagian kulit bertato, dan
  • Bilas dengan air hangat yang bersih.

Kemampuan garam dalam menghilangkan tato berasal dari zat sodium dan klorin. Keduanya bisa terserap ke dalam kulit dan melunturkan tinta tato. Sementara itu, perasaan lemon memiliki sifat seperti detergen yang mampu menyeka dan menghapus tinta yang sudah luntur.

6. Menggunakan Larutan Garam

cara menghapus tato dengan larutan garam

Tidak hanya berguna ketika menjadi bagian tambahan bagi ramuan penghilang tato lainnya, garam bisa digunakan secara terpisah. Meski begitu, kemampuannya dalam menghilangkan tato tidak bisa dianggap remeh. Zat-zat yang dikandung oleh garam mampu menghancurkan sturktur tinta hingga terlepas dari sel kulit bagian dalam lantas terlepas bersama kulit mati di lapisan paling atas tubuh.

Agar mendapatkan manfaat dari garam, Anda bisa melarutkan garam dalam segelas air bersih. Gunakan spons dan gosokkan di bagian kulit bertato sekitar setengah hingga satu jam. Kemudian, bilas bagian tersebut menggunakan air bersih dengan suhu hangat. Menggunakan larutan garam adalah cara menghapus tato yang paling mudah dan murah namun efektif.

7. Menggunakan Campuran Madu

Salah satu bahan alami yang efektif dalam menghilangkan tato adalah madu. Meski efektif, madu akan memberikan hasil yang lebih besar terhadap jenis kulit terang dengan pulasan tato berukuran kecil. Sebab, zat di dalam madu tidak sebarasif zat sodium dan klorin yang terdapat dalam garam.
Anda perlu mengikuti prosedur seperti ini untuk menghilangkan tato dengan madu.

  • Campurkan 2 sdt madu dengan lidah buaya, yoghurt, dan garam,
  • Anda juga mencampurkan aloeveran,
  • Aduk hingga merata dan membentuk pasta,
  • Gosok denganl lembut di bagian kulit bertato,
  • Basuh dengan air hangat setelah satu jam.

8. Baluran Susu Kental

cara menghapus tato dengan susu kental

Penggunaan susu kental dalam upaya menghilangkan susu kental tidak banyak diketahui orang. Meski begitu, susu kental cukup efektif dalam menghilangkan tato. Hal tersebut disebabkan oleh laktosa yang dikandung oleh susu kental. Sementara itu, tinta tato adalah unsur yang tidak bisa menoleransi laktosa. Ada pun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan tato dengan susu kental adalah sebagai berikut.

  • Didihkan susu kental dengan tambahan air,
  • Dinginkan hingga cukup hangat untuk digunakan,
  • Aplikasikan ke bagian kulit bertato dengan bantuan kapas,
  • Gosok secara lembut sekitar 30 menit,
  • Basuh dengan air hangat.

Jika dilakukan secara teratur, susu kental cukup efektif untuk menghilangkan tato. Bahkan, Anda bisa melihat tinta tato tersebut luntur dan tercampur dengan cairan susu kental yang Anda gunakan.

9. Menggunakan Krim Asam Glikolat

Asam glikolat adalah senyawa yang bisa Anda temukan dengan mudah dalam berbagai produk perawatan kulit. Asam ini memang memiliki banyak manfaat terhadap kulit, yakni untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya. Tidak heran jika asam glikolat biasa digunakan oleh dokter-dokter maupun ahli kulit lainnya.
Asam glikolat harus diguanakan sesuai dengan resep dokter sebab memiliki efek samping yang tidak sederhana, yakni kulit kemerahan, munculny luka bakar, dan rasa sakit. Meski begitu, asam glikolat cukup penting untuk menghilangkan tato.

10. Hydrogen peroxida

Senyama kimia lainnya yang bisa Anda coba adalah hidrogen peroksida. Berbentuk cairan bening, hidrogen peroksida cukup ampuh untuk menghilangkan tato. Tidak hanya digunakan dalam bidang industri dan kesehata, hidrogen peroksida juga bisa Anda gunakan di rumah sebagai bahan penghilang tato-baik tato temporer maupun permanen.

Menghilangkan tato bukanlah hal yang mudah, tapi tidak juga sulit. Jika Anda tahu cara yang benar dan komposisi bahan yang tepat, maka menghilangkan tato adalah hal sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri. Ada banyak bahan dan cara menghapus tato seperti yang tertera diatas, namun upayakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.