Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat, Mudah Dan Alamiah

cara menghentikan mimisanPada beberapa orang, tubuh yang kelelahan sering kali memberi respon yang begitu cepat seperti hidung berdarah atau yang lebih akrab disebut dengan mimisan. Masalah kesehatan yang dalam kedokteran disebut epistaksis ini merupakan kondisi pecahnya selaput lender pada hidung hingga menyebabkan darah mengalir keluar.

Penyebab mimisan sendiri sebenarnya bukan hanya karena tubuh yang kelelehan, namun juga bisa disebabkan hal lain seperti perubahan cuaca tiba-tiba, luka di mukrosa hidung, masuknya benda asing ke hidung, masuknya bahan kimia ke hidung, hidung mengalami benturan keras, menonsumsi obat-obatan, infeksi, kelainan atau bahkan gejala penyakit berbahaya.

Ini Dia Cara Menghentikan Mimisan Secara Efektif

Jika mimisan terjadi dalam waktu yang begitu sering dengan debit darah yang keluar begitu banyak, jauh lebih baik jika Anda segera membawanya ke dokter. Namun apabila mimisan masih dalam batas normal, berikut beberapa cara mengatasi mimisan yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Ambil posisi duduk tegap

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami mimisan adalah dengan mengambil posisi duduk tegap dan mengarahkan tubuh ke depan. Jika umumnya orang yang mengalami mimisan akan menengadahkan wajah ke belakang, namun hal ini adalah penanganan yang keliru.

Dimana ketika Anda menghadap ke belakang kemungkinan darah akan masuk kembali ke hidung dan mengalir pada saluran pernafasan. Hal ini tentu dapat berakibat buruk pada system pernafasan dan organ lain. Yang bisa Anda lakukan yaitu dengan duduk tegap serta mengarahkan tubuh ke depan.

2. Pencet hidung

cara menghentikan mimisan dengan pencet hidung

Setelah berada pada posisi duduk tegap dan wajah sedikit menunduk ke depan, cara menghentikan mimisan selanjutnya yaitu dengan memencet hidung selama 10 menit. Tekan cuping hidung menggunakan ibu jari dan jari telunjuk selama 10 menit guna menghentikan pendarahan.

Ya, pada posisi ini titik pendarahan akan tertekan dan pendarahan kemungkinan akan lebih cepat berhenti. Karena hidung ditutup rapat, Anda bisa melakukan pernafasan mulut terlebih dahulu.

3. Kompres es batu

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan kompres dingin menggunakan es batu. Namun bukan dengan menempelkan es batu langsung pada hidung.bungkus terlebih dahulu es batu menggunakan kain kasa atau kain lembut lain semisal handuk.

Selanjutnya tempelkan sembari beri sedikit tekanan pada hidung. Lakukan cara mengobati mimisan ini hingga darah berhenti mengalir.

4. Usahakan jangan bersin

Saat mengalami mimisan dan Anda ingin bersin, sebisa mungkin tahan terlebih dahulu hingga kondisi hidung Anda membaik. Mengapa demikian? Sebab ketika Anda bersin, kotoran dan benda asing lain yang ada pada hidung didorong untuk keluar, begitu juga dengan darah.

Dan jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin mimisan yang Anda alami akan lebih parah seta sulit berhenti. Tunggulah beberapa saat hingga darah mengering dan rasa nyeri pada hidung reda.

5. Menggunakan daun sirih

cara menghentikan mimisan dengan daun sirih

Salah satu tanaman herbal yang paling ampuh untuk mengatasi mimisan dengan cepat adalah daun sirih. Ya, daun dengan aroma menyengat ini memiliki senyawa yang mampu mengentikan pendarahan pada hidung atau nosebleed.

Cara menghentikan mimisan menggunakan daun sirih pun sangat mudah. Anda cukup meremas selembar daun sirih mudah kemudian gulung hingga berbentuk kerucut. Kemudian masukkan gulungan daun sirih tersebut pada hidung dan biarkan beberapa saat sembari memposisikan diri untuk duduk hadap ke depan.

6. Kacang tanah

cara menghentikan mimisan dengan kacang tanah

Siapa sangka jika makanan yang banyak disukai kaum muda mudi ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghentikan mimisan. Benar sekali, Anda bisa memanfaatkan kacang tanah untuk menghentikan mimisan dengan cepat serta mencegahnya terjadi lagi.

Namun bukan bagian dagingnya yang diambil, justru dalam menghentikan mimisan menggunakan kacang tanah ini Anda hanya membutuhkan kulitnya saja. Cara pengolahannya sendiri begitu simple, yaitu hanya dengan merebus 25 gram kulit kacang tana Bersama 400 cc air.

Rebus hingga airnya tersisa 200cc saja kemudian angkat dan saring ampasnya. Minum air rebusan kulit kacang tanah tersebut selagi hangat. Anda bisa meminumnya setiap hari atau saat mimisan kambuh.

7. Rambut jagung

cara menghentikan mimisan dengan rambut jagung

Bahan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menghentikan mimisan dengan cepat yaitu rambut jagung. Dimana kinerja rambut jagung dalam menghentikan pendarahan begitu cepat dan efektif.

Pengolahannya pun sangat mudha, cukup ambil 50 gram rambut jagung dan siapkan 400cc air putih. Selanjutnya rebus kedua bahan tersebut selama beberapa menit atau hingga airnya hanya tersisa setengah. Saring rambut jagung dan ambil air rebusannya saja. Dan minum selagi hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mencoba cara menggunakan rambut jagung ini setiap hari atau setidaknya 2 kali dalam seminggu.

8. Kangkung segar

Sayuran yang banyak mengandung air inipun mampu mengatasi mimisan secara cepat. Dimana Anda bisa mengolah kankung menjadi jus. Ya, pertama ambil 25 gram kangkong segar kemudian potong kecil-kecil.

Haluskan potongan kangkong tersebut menggunakan blender sembari ditambahkan 1 gelas air. Setelah siap, konsumsi jus kangkong ini setiap hari. Untuk penawar rasa, Anda bisa menambahkan jeruk nipis ataupun madu sebagai pemanis. Kangkong juga efektif untuk mencegah mimisan muncul kembali.

9. Akar alang-alang

Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan adalah akar alang-alang. Meskipun di daerah perkotaan akar alang-alang cukup sulit di dapat, namun pada beberapa toko herbal Anda bisa dengan mudah mendapatkan bagian tanaman ini.

Penanganan mimisan menggunakan akar alang-alangpun tak kalah mudahnya. Yaitu dengan merebs 60 gram akar alang-alang dengan 400cc air. Tunggu hingga mendidih dan airnya hanya tersisa 200cc saja. Angkat dan saring ampas akar alang-alang. Minum ramuan herbal ini selagi hangat.

10. Pegagang

Selain bermanfaat untuk mengatasi panas dalam, tanaman satu ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi mimisan. Dimana pegangan pun tak mampu mencegah mimisan sekaligus. Untuk menghentikan mimisan menggunakan pegagang ini, Anda membutuhkan setidaknya 60 gram daun pegagang segar.

Kemudian rebus daun pegagang tersebut dengan 400cc air. Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa 200cc atau setengahnya saja. Ambil daun pegagang dan minum air rebusan tersebut saat masih hangat.

11. Akar teratai

Bukan hanya akar alang-alang, Anda juga bisa menggunakan akar teratai untuk menghentikan pendarahan pada hidung. Untuk cara mengatasi mimisan menggunakan akar teratai ini proses pengolahannya sedikit berbeda dengan bahan-bahan di atas.

Pertama Anda perlu menyiapkan 200 gram akar teratai, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air dan dapatkan rasi akar teratai tersebut dengan menyaring sembari sedikit memerasnya. Selanjutnya teteskan sedikit pada hidung (tidak lebi dari 3 tetes).

Itulah beberapa cara menghentikan mimisan yang bisa Anda lakukan di rumah. Dan apabila mimisan masih belum berhenti juga, pastikan Anda segera memeriksakan diri ke dokter atau klinik kesehatan lainnya. Jaga selalu kesehatan tubuh dan jangan pernah sepelekan gangguan kesehatan sekecil apapun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.