Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Mengobati Mata Minus Dengan Cepat Dan Tradisional

cara mengobati mata minus
Mata Minus menjadi sebuah gangguan pada penglihatan yang bisa dikatakan serius. Mata minus biasanya disebabkan karena faktor usia, genetik, hingga kebiasaan yang tidak sehat seseorang. Untuk mengatasi mata minus, biasanya banyak orang yang memilih menggunakan alat bantu seperti kacamata atau lensa kontak agar bisa melihat jelas beberapa objek sementara waktu. Padahal, sejatinya mata minus juga bisa disembuhkan lho! Ya, mata minus bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar anda.

Ini Cara Mengobati Mata Minus Dengan Bahan Alami

Menyembuhkan mata minus dengan menggunakan bahan alami ini memang tidak bisa memperlihatkan hasil yang signifikan dalam waktu singkat. Anda harus telaten dengan treatment pengobatan mata minus sampai mata minus berangsur pulih dan berkurang. Beberapa cara mengobati mata minus pada penjelasan berikut ini selain bahannya mudah ditemukan dan bisa diterapkan dengan mudah dirumah. Silahkan dicoba!

1. Wortel

Wortel merupakan bahan alami yang sidah dipercaya sejak lama sebagai penghasil vitamin A terbaik. Kandungan vitamin A yang tinggi pada sayur berwarna oranye inilah yang menjadi obat mata minus paling efektif selama ini. Anda bisa mengonsumsi jus wortel secara rutin untuk menghilangkan mata minus. Blender saja satu buah wortel yang telah dikupas dan dicuci bersih dengan setengah gelas air. Setelah itu, peras airnya dan minum segera. Lakukan terapi ini dengan rutin untuk menyembuhkan mata minus anda.

2. Lidah Buaya

cara mengobati mata minus dengan lidah buaya

Cara menyembuhkan mata minus dengan lidah buaya adalah memanfaatkan lidah buaya sebagai minuman jus. Jus lidah buaya mengandung vitamin A, E yang efektif memberikan nutrisi pada mata anda. Ambil satu batang lidah buaya dan kupas kulitnya. Blender bagian dalam atau daging lidah buaya sambil ditambahkan madu dan air secukupnya. Setelah itu, minum jus tersebut secara rutin setiap hari untuk mengatasi mata minus yang dialami.

3. Terapi Lilin

Masih banyak yang meragukan keunggulan terapi menatap lilin ini untuk menyembuhkan mata minus. Namun, sebagian besar orang sudah membuktikan bahwa terapi ini mampu mengurangi mata minus secara perlahan. Anda hanya perlu menyalakan satu batang lilin dan menatap lilin tersebut sampai mata anda mengeluarkan air mata. Setelah itu, dinginkan mata anda dengan irisan mentimun dan pejamkan mata selama beberapa menit. Terapi lilin ini setidaknya bisa dilakukan dua kali seminggu untuk hasil yang efektif.

4. Daun Sirih

cara mengobati mata minus dengan daun sirih

Daun sirih memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, bagi anda yang ingin mengatasi mata minus boleh juga memanfaatkan tumbuhan yang satu ini. Cara mengobati mata minus dengan daun sirih bisa dilakukan cukup mudah. Ambil dua lembar daun sirih dan cuci bersih. Setelahnya, tempelkan daun sirih tersebut pada mata selama satu malam dan buang pada esok harinya. Uap alami daun sirih yang mengandung antibakteri, antioksidan dan berbagai minyak atsiri lainnya sangat bermanfaat mengembalikan kesegaran mata anda.

5. Buah Bit

Selain wortel, anda juga bisa menggunakan buah bit sebagai bahan alami mengatasi mata minus. Buatlah jus dari buah bit yang dipadukan dengan belimbing atau madu. Konsumsi jus buah bit secara rutin agar penglihatan anda berangsur pulih dari keluhan mata minus.

6. Tomat

cara mengobati mata minus dengan tomat

Kandungan vitamin A dalam buah tomat juga sangat tinggi setara dengan wortel. Untuk itu, anda pun bisa memanfaatkan tomat sebagai obat mengatasi mata minus yang anda alami. Cobalah membuat tomat dalam bentuk minuman jus tanpa tambahan gula. Konsumsi tomat secara teratur bisa memberikan efek segar pada mata hingga berangsur normal kembali. Selain memanfaatkan tomat sebagai jus, anda pun bisa menaruh irisan tomat pada kondisi mata anda terpejam. Langkah ini akan menutrisi mata secara perlahan melalui zat antioksidan yang dihasilkan dari uap tomat tersebut.

7. Latih Mata Menatap Kejauhan

Melatih mata untuk menatap kejauhan adalah cara mengurangi mata minus yang bisa dilakukan setiap saat. Sebaiknya, pilihlah momen yang tepat untuk anda pergi ke suatu tempat dengan pemandangan yang sejuk dan hijau. Cobalah latih dan segarkan mata anda dengan melihat berbagai objek yang jauh di tempat tersebut.

8. Hindari Kebiasaan Buruk Untuk Mata

Beberapa kebiasaan buruk bisa menjadi pemicu mata minus semakin parah seperti menatap layar smartphone di tempat gelap atau cahaya kamar yang memang kurang terang. Anda bisa mengganti watt lampu kamar dengan yang lebih sesuai karena setiap ruangan yang lebih lebar membutuhkan penerangan yang juga lebih. Hentikan segera kebiasaan buruk menggunakan layar smartphone dalam kondisi gelap ya!

9. Jangan Biarkan Mata Lelah

cara mengobati mata minus dengan jangan biarkan mata lelah

Mata yang lelah disebabkan karena terlalu fokus menatap sesuatu hal dalam waktu yang lama. Bisa jadi ketika anda membaca terlalu lama, menatap komputer, menonton televisi atau sejenisnya. Nah, kebiasaan semacam ini sebaiknya segera dikurangi untuk menyembuhkan mata minus anda.

10. Senam Mata

Senam mata merupakan cara mengatasi mata minus yang selanjutnya. Anda bisa melakukannya sendiri dirumah dengan berbagai langkah seperti melirik kanan-kiri secara cepat dalam hitungan detik, mengengok atas dan bawah atau dengan gerakan bola mata memutar. Cara klasik ini biasa dipakai orang-orang zaman dulu untuk mengatasi mata yang lelah dan terlalu fokus.

11. Pemijatan Mata

Memijat mata bisa dipraktikkan dengan mudah dirumah. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai saraf mata yang sensitif. Pijat mata perlahan mulai dari batang hidung diantara kedua mata dan alis, bagian bawah mata, samping mata dan akhiri dengan menekan kelopak mata secara perlahan. Terapi pemijatan mata ini bisa dilakukan secara rutin tanpa efek samping berbahaya bagi mata anda.

12. Menjemur Mata Sesaat

Penelitian menunjukkan ternyata bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan vitamin D. Ya, mata juga bisa dijemur untuk mendapatkan khasiat dari vitamin D tersebut. Akan tetapi, menjemur mata hanya bisa dilakukan saat pukul 7-8 pagi saja ya! Itupun hanya dalam waktu singkat yaitu sekitar 2 menit dengan kondisi mata terpejam. Anda bisa merasakan hasilnya langsung berupa mata yang semakin terasa segar dan siap menjalankan aktifitas.

13. Kompres Mata

Mata juga perlu dikompres untuk menyegarkan kembali kondisinya setelah seharian digunakan untuk bekerja. Anda bisa melakukan kompres mata dengan berbagai bahan alami seperti air mawar misalnya. Setelah mata digunakan seharian, cuci mata anda menggunakan satu baskom air mawar dengan cara mengedipkan mata didalam baskom selama beberapa detik saja. Langkah ini akan menyegarkan kembali mata anda dan membuat kuman atau bakteri didalam mata juga turut menghilang.

14. Jangan Biasakan Kacamata

Anda sebaiknya menghindari pemakaian kacamata ataupun softlens secara berlebihan. Alat bantu ini bisa bermanfaat untuk anda tetapi juga secara tidak langsung menambah efek lelah pada mata anda. Lepaskan penggunaan alat bantu baca seperti kacamata dan softlens pada mata anda selagi tidak dibutuhkan dan istirahatkan mata dari barang-barang tersebut.

15. Nutrisi Makanan yang Tepat

Nutrisi pada mata juga harus diperoleh dari asupan harian anda. Artinya, untuk bisa mencukupi kebutuhan berbagai sistem dalam tubuh termasuk sistem penglihatan anda juga harus memberikan asupan nutrisi yang cukup. Mulailah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan protein, kalsium, vitamin D serta rutin memasukan buah dan sayur ke dalam menu harian anda.

Itulah beberapa langkah alami yang bisa dilakukan sebagai cara mengobati mata minus untuk anda. Tidak perlu mengonsumsi suplemen berbahan kimia yang justru mengandung risiko bagi kesehatan, karena bahan alami untuk mengatasi mata minus jauh lebih aman untuk jangka panjang kesehatan mata anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.