Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengobati Perut Kembung, Mual Dan Keras Secara Ampuh

cara mengobati perut kembungMengalami perut kembung memang menyusahkan. Sekumpulan gas yang terjebak di dalam sistem pencernaan bisa membuat perut merasa tidak nyaman bahkan merasa sakit. Gangguan pencernaan ini umumnya disebabkan oleh jenis makanan tertentu yang dikonsumsi oleh seseorang, namun bisa pula berasal dari pola atau kebiasaan makan yang jelek.
Perut kembung umumnya ditandai dengan gejala perut keram, sering serdawa dan buang angin, serta perasaan sesak di perut. Dalam takaran yang ringan, perut kembung bisa diobati dengan mudah. Namun berbeda jika perut kembung yang Anda alami berkelanjutan.

Cara Mengobati Perut Kembung Dengan Mudah Dan Alami

Perut kembung nyatanya bisa menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius seperti radang usus besar gangguan usus, permasalahan pada pankreas, hingga kanker ovarium.
Oleh karena itulah, jika Anda mengalami perut kembung maka sudah sepatutnya Anda waspada. Meski begitu, mulailah untuk mengobati perut kembung Anda menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan dengan mudah di rumah. Anda juga bisa mengombinasikan bahan-bahan tersebut dengan pola makan yang teratur seperti pada daftar berikut ini.

1. Mengontrol Pola Makan

cara mengobati perut kembung dengan mengontrol pola makan

Perut kembung memiliki kaitan yang erat dengan aktivitas makan Anda, baik mengenai kebiasaan makan maupun jenis makanan yang Anda konsumsi. Hal utama yang perlu Anda lakukan ketika untuk mengobati perut kembung adalah mengontrol pola makan Anda. Meski tidak akan serta merta membuat Anda sembuh, mengatur pola makan akan ampuh untuk jangka panjang.

Ada beberapa hal dalam pola makan yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda baru mengalami gejala perut kembung, konsumsilah makanan dalam porsi yang secukupnya. Hal tersebut harus diimbangi dengan cara mengunyah makanan. Untuk menimimalisir penumpukan gas di dalam perut, Anda harus mengunyah makanan dengan pelan. Selain itu, cermati juga kandungan dari makanan yang Anda bisa konsumsi. Hindari makanan sumber gas seperti ubi, brokoli, dan produk susu.

2. Penuhi Kebutuhan Air Minum

Penyebab utama perut kembung adalah penumpukan gas di dalam perut. Oleh karena itu, minum air putih menjadi salah satu cara mengobati perut kembung ringan yang paling simpel. Sebab air memiliki kemampuan untuk mendorong gas-gas yang terjebak sehingga bisa keluar dari tubuh. Dengan begitu, sistem pencernaan Anda akan terbebas dari kumpulan gas yang berlebih.

Ada banyak jenis air yang bisa Anda minum untuk meredakan perut kembung. Tentu saja prioritas utama adalah air putih. Selain itu, Anda bisa mencoba teh atau berbagai campuran air dengan bahan rempah. Meski begitu, ada beberapa jenis cairan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh para penderita perut kembung. Minuman tersebut adalah alkohol, kopi, dan minuman bersoda. Sebaliknya, jenis minuman tersebut malah akan membuat perut kembung Anda semakin parah.

3. Teh Camomile dan Teh Peppermint

cara mengobati perut kembung dengan teh chamomile

Salah satu jenis minuman yang direkomendasikan untuk mengobati perut kembung Anda adalah teh camomile dan teh peppermint. Teh camomile adalah salah satu jenis teh yang paling banyak dikonsumsi untuk alasan kesehatan. Tidak heran, teh dengan kadar 2,4 kalori per 236 gram cup ini memang memiliki banyak nutrisi. Nutrisi-nutrisi yang dikandung salah satunya berperan dalam mengurangi kapasitas gas yang tidak dibutuhkan di dalam perut.

Peppermint lain cerita. Anda memiliki banyak cara untuk mengonsumsi peppermint demi mengobati perut kembung Anda. Peppermint bisa dikeringkan dan dimasukan ke dalam tea bags untuk diseduh menjadi teh. Anda juga bisa menggonsumsi daun peppermint segar begitu saja atau memasukkanya ke dalam air yang sedang dipanaskan. Meski begitu, teh peppermint tidak direkomendasikan jika Anda memiliki riwayat penyakit gastroesophageal reflux.

4. Perasaan Jeruk Nipis dan Lemon

Jika Anda mengingkan jenis minuman yang segar untuk mengobati perut kembung Anda, Anda bisa mencoba perasan jeruk nipis atau lemon. Keduanya memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi. Sementara itu, asam sitrat yang masuk ke dalam sistem pencernaan Anda mampu membantu asam lambung bekerja lebih baik ketika mencerna makanan.

Mengolah jeruk nipis atau lemon sebagai cara mengobati perut kembung tidaklah susah. Anda hanya perlu memerasnya dengan tangan atau alat yang higienis dan campurkan dengan satu gelas air putih baik hangat maupun dingin. Anda bisa meminum perasan ini setengah jam sebelum makan.

5. Air Rebusan Jahe

cara mengobati perut kembung dengan air rebusan jahe

Jahe adalah rempah yang khasiatnya sudah diketahui sejak zaman kuno. Rempah ini terdapat dalam berbagai produk makanan manusia. Selain bisa menambah cita rasa, jahe ternyata memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah untuk mengobati perut kembung. Banyak situs kesehatan yang menyebut jahe sebagai bahan super untuk mengobati perut kembung.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan merebusnya di dalam air selama lima menit. Cara kerja jahe dalam mengobati perut kembung adalah dengan menstimulus pencernaan agar segala unsur didalamnya mampu melintas dengan lancar. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan anti-inflammatory yang tinggi di dalam jahe.

6. Sup dengan Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih adalah salah satu cara menyembuhkan perut kembung. Ada banyak cara untuk mengonsumsi bawang putih, salah satu cara terbaik adalah dengan mengombinasikannya ke dalam sup ayam. Anda bisa mencincang bawang putih, menumisnya sebentar dan menjadikannya salah satu bumbu sup ayam Anda. Nikmati ketika sup masih hangat. Sup akan membantu mengalirkan larutan bawang putih ke dalam sistem pencernaan dan mengobati perut kembung.

7. Mengonsumsi Kalium dan Enzim Papain

cara mengobati perut kembung dengan mengkonsumsi kalium

Bagian terbaik dari cara mengatasi perut kembung adalah dengan mengonsumi buah-buahan. Adapun buah-buahan yang menjamin mampu mengobati perut kembung adalah pisang dan pepaya. Masing-masing buah tersebut mengandung zat kalium dan enzim papain yang sama-sama memiliki banyak manfaat terhadap sistem pencernaan.

Kalium merupakan zat tertinggi yang dikandung oleh pisang. Kalium dalam pisang mampu menetralisir sodium di dalam tubuh dan mencegah cairan mengalami retensi di dalam usus. Dengan begitu, perut akan lebih cepat kempis dan terhindar dari kembung. Sementara itu, enzim papain membantu tubuh lebih mudah mencerna protein. Proses mencerna protein yang lancar akan berbanding lurus dengan usaha tubuh dalam mengurangi gas berlebih di dalam perut.

8. Mengunyah Fennel Seeds

Fennel seeds atau kacang Adas selama ini lebih dikenal sebagai penghasil minyak Adas. Minyak Ada adalah salah satu unsur dalam pembuatan minyak telon. Tidak disangka, kacang Adas juga ternyata memiliki manfaat untuk mengobati perut kembung. Kacang Adas mengandung banyak zat. Salah satu zat yang berguna untuk mengobati perut kembung adalah zat terpenoid anethole, memiliki konsentrasi 50 hingga 60% di dalam Adas.

Untuk mendapat manfaat terpenoid anethole dalam kacang Adas, Anda hanya perlu mengunyahnya setelah makan. Tidak perlu banyak, bahkan setengah sendok kacang Adas saja sudah cukup untuk memberikan manfaat yang besar.

9. Mengonsumsi Bio Yoghurt

Cara menghilangkan perut kembung paling alami adalah dengan mengonsumsi bio youghurt. Bio youghurt mengandung bakteri-bakteri baik yang akan mengobati secara langsung berbagai gangguan pencernaan. Bakteri-bakteri tersebut adalah acidophilus or biphidus bacteria. Keduanya mampu menyeimbangkan perut dan mencegah produksi gas berlebih di dalamnya. Untuk upaya pencagahan dan pengobatan jangka panjang, Anda bisa mengonsumsi bio yoghurt dengan kandungan prebiotik yang tinggi setiap hari sebagai camilan.

10. Olahraga dan Tetap Bergerak

Mendukung pola hidup sehat, olahraga dan segala jenis aktivitas yang membuat tubuh Anda bergerak adalah prioritas utama. Olahraga secara teratur tidak hanya akan mendorong sistem perncernaan Anda tetap prima tapi juga seluruh unsur di dalam tubuh Anda. Sebab ketika berolahraga, seluruh unsur di dalam tubuh Anda akan bekerja dan memanfaatkan zat-zat yang berhasil diolah oleh pencernaan Anda menjadi energi. Dengan begitu, tubuh Anda tidak menumpuk zat-zat tersebut sehingga menimbulkan banyak keluhan dan gangguan.

Selain sepuluh cara mengobati perut kembung tersebut, Anda juga bisa mengamalkan petuah orang tua zaman dahulu untuk mendukung penyembuhan Anda. Petuah tersebut adalah untuk meninggalkan kebiasan tidur setelah makan. Sebab, hal tersebut akan menggangu proses pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh.

Tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Sebelum bertambah parah, sudah sepatutnya Anda mengenali gejala dan cara mengobatinya termasuk ketika Anda mengalami perut kembung atau begah. Namun jika cara alami dan mandiri tetap tidak bisa membuat Anda pulih, sudah selayaknya Anda memeriksakan diri pada dokter.

Cara mengobati perut kembung ternyata tidak begitu sulit bukan? Anda hanya perlu mengontrol pola makan yang sehat dan mengonsumsi berbagai jenis minuman dan makanan yang memiliki kandungan untuk melancarkan sistem pencernaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.