Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah Dengan Mudah

cara meningkatkan daya tahan tubuhSiapa pun orangnya, pasti menginginkan daya tahan tubuh yang prima, bisa selalu aktif beraktivitas hingga tak mudah terserang penyakit. Bukan hanya para atlet saja yang menginginkan stamina prima, kita sebagai orang awam yang memiliki rutinitas harian pun menginginkan hal sama. Stamina yang prima dan terjaga sangat membantu kita menyelesaikan rutinitas harian tanpa harus sering merasa kelelahan.
Daya tahan atau stamina ini dipengaruhi berbagai faktor. Jika daya tahan tubuh menurun umumnya karena pola hidup kita yang kurang sehat seperti,

  • Konsumsi alkohol
  • Konsumsi kopi yang berlebihan
  • Penggunaan obat-obatan terlarang
  • Aktifitas fisik berlebihan
  • Kurang istirahat, dan berbagai gaya hidup buruk lainnya.

Inilah Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Efektif

Banyak orang berusaha meningkatkan daya tahan tubuh dengan minum jamu hingga suplemen makanan. Namun, ternyata ada cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan menyenangkan tanpa harus meminum pahitnya jamu. Simak penjelasannya di bawah ini;

1. Minyak kelapa

Ya, selain berfungsi sebagai minyak untuk menggoreng dan menumis saat memasak, minyak kelapa ternyata bisa membantu untuk meningkatkan stamina Anda. Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah. Anda bisa mengonsumsi secara langsung 1-2 sendok makan minyak kelapa di pagi hari atau oleskan pada sarapan seperti roti bakar dan lainnya. Minyak kelapa diketahui dapat memperlancar pencernaan dan memberikan energi secara langsung. Tentu saja, akan lebih baik jika minyak kelapa yang dikonsumsi adalah jenis minyak kelapa murni atau virgin coconut oil.

2. Teh hijau

Minuman yang diketahui dapat merilekskan saraf hingga menurunkan berat badan ini ternyata ampuh meningkatkan stamina Anda. Hal ini dikarenakan kandungan polifenolnya berkhasiat mengurangi rasa lelah, menurunkan tingkat stress, meningkatkan stamina dan level energi, hingga memberikan tidur yang berkualitas. Cara mengonsumsi minuman sehat kaya manfaat ini pun cukup mudah. Anda tinggal menyeduhnya dengan segelas air panas. Berikan tambahan pemanis alami seperti gula atau madu. Konsumsi minuman ini secara rutin agar stamina Anda selalu terjaga.

3. Cuka apel

Baiklah, meski bahan alami ketiga ini terasa aneh, namun tak dapat dipungkiri cuka apel dapat memperbaiki stamina Anda. Cuka apel yang berkhasiat mengalkalisasi tubuh Anda juga baik sebagai peningkat daya tahan tubuh. Cara mengonsumsinya sangat mudah,
– Campurkan 1 sendok makan cuka apel mentah dengan madu.
– Tuangkan campuran ini ke dalam segelas air dan aduk rata
– Minum ramuan special ini dua kali sehari.

4. Makanan tinggi magnesium

Nah, cara keempat ini pasti paling menyenangkan karena Anda hanya diminta untuk makan! Eits, tapi makan bukan sembarang makan alias makan makanan tinggi magnesium. Makanan tinggi magnesium akan Anda temui pada kacang-kacangan, cokeklat, sayuran hijau, buah-buahan seperti pisang, alpukat, dan lainnya. Magnesium sangat dibutuhkan tubuh untuk sistem saraf dan fungsi otot. Selain itu, magnesium dapat mengatasi kelelahan dan mencegah level stamina Anda terjun bebas. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menambahkan makanan-makanan mengandung magnesium tinggi pada menu harian. Sesederhana itu!

5. Kunyit

cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan kunyit

Mungkin Anda akan mengernyit dan mulai terbayang rasa jamu ketika membaca bahan alami kelima ini. Tenang, kunyit yang dimaksud di sini bukan kunyit pada jamu apalagi kunyit bubuk melainkan susu kunyit. Ya, buat Anda pecinta susu, sekali-kali cobalah meminum susu kunyit nan nikmat ini. Kunyit adalah vitamin untuk daya tahan tubuh alami yang dapat meningkatkan stamina dan membantu perbaikan sel-sel otot yang rusak. Cara menikmati kunyit ini pun sangat mudah,

  • Anda bisa mengonsumsi susu kunyit dan menambahkan sedikit saja bubuk kuning ini pada susu yang dididihkan.
  • Alternatif lainnya, Anda bisa membuat jus kunyit dengan menambahakan jus kuning ini pada jus buah yang ingin dinikmati.

6. Ubi

Salah satu makanan pokok yang mengenyangkan bagi masyarakat Indonesia ini ternyata bermanfaat sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan beberapa atlet dan body builder menyarankan konsumsi makanan satu ini karena dapat membantu membakar lemak hingga meningkatkan stamina menuju level tertinggi. Cara mengonsumsi ubi terbaik adalah dikukus atau direbus dan sangat baik jika dikonsumsi setelah berolahraga.

7. Minum air putih yang cukup

cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan banyak minum air putih

Cara menjaga daya tahan tubuh paling penting yakni mengkonsumsi air putih. Ya, Anda hanya tinggal mengonsumsi air putih dengan cukup yaitu sekitar 2 liter perharinya. Air putih memiliki segudang khasiat yang tentu saja sayang jika diabaikan begitu saja mulai dari mencegah dehidrasi, menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, mencegah batu ginjal, hingga mengurangi berat badan. Jadi, tunggu apa lagi, penuhi kebutuhan air putih harian Anda.

8. Telur

Siapa yang tak suka telur? Mungkin ada beberapa orang di antara kita yang benci teliur. Tapi sebagian besar lainnya merupakan egg lover yang tak bisa lepas dari konsumsi telur. Dan ternyata, konsumsi telur itu dapat membantu pembentukan otot dan meningkatkan stamina. Wah, luar biasa bukan? Jika Anda tipe pemilih dan suka memilih antara kuning atau putih telur, sebaiknya mulai saat ini biasakan mengonsumsi baik putih atau pun kuning telur karena kedua bagian ini memiliki khasiatnya masing-masing.

9. Buncis

Ya, siapa sangka sayuran hijau ini ternyata mampu mendongkrak stamina dengan cara merangsang produksi sel darah merah. Kandungan proteinnya yang sangat tinggi membuat sayuran ini dalam proses penghancuran karbohidrat dalam tubuh. Anda bisa menambahkan buncis sebagai menu sayur sehat andalan keluarga.

10. Selalu aktif

Cara keempat ini memang sangat wajib dipraktekkan agar stamina Anda tetap terjaga. Anda bisa mencoba melakukan olahraga rutin setiap hari seperti jogging atau berenang. Bergerak aktif diketahui ampuh meningkatkan stamina Anda dan melancarkan pencernaan. Anda bisa mencoba dengan naik turun tangga saat sedang bekerja, memilih jalan kaki jika ada perlu ke tempat-tempat terdekat di kantor, dan lain sebagainya.

11. Pernapasan diafragma

Cara bernapas dengan diafragma ini juga sering disebut dengan belly breathing. Berikut langkah-langkah pernapasan dengan diafragma yang bisa dengan mudah Anda praktekkan,

  • Pilih tempat yang tenang dan nyaman
  • Letakkan tangan pada bagian abdomen
  • Tarik napas selama 2 menit dengan hidung
  • Embuskan melalui hidung selama 4 menit
  • Lakukan latihan ini selama 10 menit
  • Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam sehari
    Cukup mudah bukan? Oksigen yang dibawa ke dalam pernapasan ini dapat memberikan energi luar biasa kepada Anda selain juga memberikan ketenangan hati dan pikiran.

12. Istrirahat cukup

Tubuh kita ibarat mesin, setelah digunakan seharian maka sudah saatnya beristirahat di malam hari. Hindari tidur larut malam hanya karena nonton atau bahkan lembur kerja. Berikan tubuh haknya untuk beristirahat sebagai cara untuk recovery tenaga kembali. Jika tidur Anda cukup, keesokkan harinya tentu Anda akan merasa lebih segar, nyaman, juga berenergi.

Itulah tadi beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di rumah. Ingat ya, tubuh kita bukan mesin yang bisa seenaknya dipaksa beraktifitas seharian. Penuhi hak-hak tubuh dan rutin lakukan cara-cara alami menjaga stamina agar tubuh tetap fit. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.