Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat, Paling Ampuh Dan Tradisional

cara menurunkan kolesterol
Bagi Anda pecinta makanan cepat saji dan daging-dagingan, mungkin harus waspada dengan kolesterol. Dimana beberapa jenis makanan tersebut sangat berpotensi meningkatkan kolesterol dengan cepat.

Dimana kolesterol sendiri merupakan metabolt yang menganduk lemak sterol dan akan ditemukan pada membram sel serta disirkulasikan pada plasma darah. Meskipun setiap orang memiliki kadar kolesterol dalam tubuhnya, namun jumlah kolesterol ini harus tetap stabil agar tak mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya.

Akan tetapi tahukan Anda jika kolesterol tak selamanya buruk untuk kesehatan tubuh? Ya, kolesterol sebenarnya terdiri dari dua jenis yaitu LDL, yaitu kolesterol yang berbahaya bagi tubuh dan HDL yaitu kolesterol yang mampu menurunkan kolesterol jahat ata LDL dalam tubuh. Untuk batas normal kolesterol dalam tubuh bagi orang dewasa aalah 160-200 mg.

Ini Dia Cara Menurunkan Kolesterol Yang Mujarab

Pada beberapa orang yang tak menjaga pola hidup dan pola makan, kadar kolesteol sering kali naik begitu cepat. Jika sudah demikian, tentu Anda harus tahu bagaimana cara mengobati kolesterol secara alami. Nah Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan herbal ini untuk menurunkan kolesterol dengan cepat dan tentunya tanpa efek samping.

1. Jeruk nipis

cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis

Buah pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah jeruk nipis. Buah yang kaya akan kandungan vit C ini juga memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Khasiat dari anti-oksidan sendiri yaitu untuk menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tak stabil yang mampu merusak sel sehat. Cara menurunkan kolesterol tinggi menggunakan jeruk nipis sendiri sangatlah mudah. Anda cukup minum air jeruk nipis panas setiap pagi dan sore hari hingga kadar kolesterol kembali normal.

2. Salmon

Siapa sih yang tak suka dengan ikan bertekstur lembut ini? Jenis ikanyang banyak diolah menjadi sushi ini memiliki kandungan omega 3 yang begitu tinggi. Dimana manfaa omega 3 sendiri salah satunya adalah untuk meningkatkan kadar HDL dalam darah.

Dengan meningkatnya kadar HDL secara otomatis LDL dalam darah pun akan menurun. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Loma Linda, makanan kaya omega 3 ini mampu meningkatkan HDL sebesar 4%.

3. Oatmeal

cara menurunkan kolesterol dengan oetmal

Selain kaya serat, makanan yang cocok untuk menu sarapan ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cepat. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki kandungan senyawa beta-glucan yang mampu menyerap LDL kemudian mengeluarkannya dari tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari menggunakan oatmeal, Anda bisa rutin mengonsumsinya selama 6 minggu. Dan dalam kurun waktu tersbut LDL dalam darah bisa menurun hingga 5.3%.

4. Teh hijau

Jenis the yang banyak dimanfaatkan untuk minuman diet ini pun sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungans senyawa-senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan seperti riboflavin dan polufenol pada the hijaulah yang membuatnya mampu mencegah peningkatan LDL dalam darah.

Dengan rutin menjalani cara turunkan kolesterol menggunakan teh hijau, setidaknya Anda bisa menurunkan kadar lDL dalam darah hingga 5%. Ya, Anda bisa mengonsumsi teh hijau setiap hari dengan poris 1-2 gelas perhari.

5. Almond

Salah satu jenis kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi terlengkap, almond. Ya, meskipun memiliki kandungan lemak tinggi, namun kandungan lemak pada almond adalah lemak jenuh yang mampu meningkatkan kadar HDL.

Selan itu, almond juga memiliki kandungan senyawa asam tak jenuh yang mampu memicu teroksidasinya kadar kolesterol jahat dalam darah. Dan jika LDL teroksidasi dengan cepat, maka hal ini akan mengurangi resiko penumpukan plak pada pembuluh darah.

6. Anggur merah

Dibalik rasanya yang begitu manis dan segar, anggur juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh, salah satunya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol secara cepat. Cara mengatasi kolesterol jahat dengan anggur tak lain yaitu karena kandungan nutrisi pada anggur yang mampu menurunkan LDL hingga 9%.

Bahkan bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol begitu tinggi kemudian mengonsumsi buah ini dengan porsi besar, penurunannya dapat mencapai 12%.

7. Jambu biji

cara menurunkan kolesterol dengan jambu biji

Buah yang dapat dengan mudah Anda temui di pasar atau swalayan ini ternyata tak hanya kaya akan vitamin C namun juga lokopen yang mampu menurunkan kadar LDL pada darah dengan cepat. Bahkan kadar likopen pada jambu biji terbukti jauh lebih tinggi dibanding pada beberapa buah lain seperti tomat.

Buah rendah kalori ini juga sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Jadi cobalah untuk memperbanyak mengonsumsi buah segar ini.

8. Alpukat

Terkenal dengan kandungan lemaknya yang tinggi, ternyata alpukat dapat dimanfaatkan dalam cara menurunkan kolesterol secara cepat. Benar sekali, sebab kandungan lemak pada alpukat merupakan jenis lemak jenuh yang mampu menurunkan kadar LDL.

Selain itu alpukat juga memiliki kandungan beta-sitosterol yang mampu menekan jumlah kalesterol berlebih pada tubuh. Namun pastikan Anda tak mengonsumsi alpukat dengan jumlah berlebih, karena buah ini termasuk buah tinggi kalori yang dapat menyebabkan kegemukan.

9. Bawang putih

Siapa sangka bumbu dapur satu ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ya, bawang putih terbukti memiliki berbagai senyawa yang bermanfaat mencegah plak pada pembulih darah akibat penumpukan kolesterol.

Kadar kolesterol jahat yang mampu diturunkan ketika Anda rutin mengonsumsi bawang putih pun cukup besar, yaitu 9%.

10. Kedelai

Bahan alami lain yang ampuh menurunkan kolesterol jahat adalah kacang kedelai. Dimana jenis kacang-kacangan ini kaya akan omega 3, serat dan juga protein yang sangat bermanfaat untuk menurunkan LDL dalam darah. Menurunkan kolesterol menggunakan kacang kedelai ini bisa Anda coba dengan mengolah kedelai menjadi berbagai bahan makanan, seperti tempe, tahu atau produk olahan lainnya.

11. Buah Berry

Nampaknya taka da satu orang pun yang tak suka dengan keluarga buah satu ini. yups, buah yang terdiri dari beberapa jenis seperti mulberry, strawberry, blackberry, blueberry, raspberry, dll ini memiliki kandungan antioksidan begitu tinggi.

Tak cukup disini, bauh beries juga mmapu menyokong kinerja hati dengan lebih baik dan maksimal hingga berpengaruh besar pada berkurangnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

12. Coklat

Kabar baik untuk Anda yang begitu gemar mengonsumsi makanan manis ini. Dimana coklat memiliki kandungan senyawa phytosterol yang begitu efektif menurunkan kolesterol tubuh. Benar saja, cara menurunkan kolesterol menggunakan coklat ini efektif hingga 16%.

Sebab selain senyawa di atas, coklat juga memiliki kandungan anti-oksidan dan lemak jenuh yang mampu meningkatkan kadar HLD dalam darah.

13. Apel

Dengan kandungan kalori yang cukup tinggi, buah ini dapat Anda konsumsi setiap hari sebagai ganti makan siang atau sarapan. Tak hanya itu, apel juga memiliki kandungan polifenol begitu tinggi yang merupakan anti-oksidan untuk mencegah peningkatan kolesterol jahat.

Nah untuk cara menurunkan kolesterol dengan apel, Anda bisa mengonsumsi sekaligus kulitnya. Sebab dalam kulit apel pun banyak ditemui kandungan senyawa bermanfaat.

Demikian beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengobatan kolesterol alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi makanan diatas dengan rutin dan jaga kondisi tubuh Anda agar selalu sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.