Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Makanan Pelancar Bab Dan Sembelit Yang Terbukti Ampuh

makanan pelancar bab

Buang air besar atau BAB adalah suatu aktivitas manusia untuk membuang kotoran dari dalam tubuh (tinja). Seperti halnya sampah, kotoran ini pun juga harus dibuang secara rutin, meski dengan frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini bisa menjadi hal yang normal, tetapi bisa juga tidak. Lalu yang bagaimanakah BAB dikatakan normal?

BAB normal adalah yang dilakukan dengan jeda waktu yang teratur, atau konsisten. Ada yang sehari bisa tiga kali, sehari sekali, atau bahkan tiga hari sekali. Hal itu masih dikatakan normal, jika memang frekuensi kesehariannya seperti itu. Kecuali jika Anda yang biasa BAB sehari sekali, tiba-tiba sudah tiga hari tidak BAB, atau sehari menjadi tiga kali. Ini merupakan contoh BAB yang tidak normal, dan biasa disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab BAB Tidak Normal

  • ehamilan
    Kehamilan bisa mengacaukan frekuensi BAB, terutama pada masa-masa awal kehamilan. Hal ini disebabkan karena ketika hamil, tubuh akan memproduksi hormon progesteron lebih banyak. Sehingga usus mengendur, dan otot usus lebih sulit untuk berkontraksi.
  • Penundaan
    Ada kalanya seseorang malas atau berhalangan untuk memenuhi panggilan alam ini. Mungkin karena sedang dalam perjalanan, berbelanja, atau bisa karena ketidaknyamanan saat tidak menggunakan toilet pribadi. Namun perlu Anda ketahui, jika hal ini bisa menyebabkan tubuh untuk mengundang konstipasi atau sembelit. Oleh karena itu, segera menjawab alarm tubuh ini, sebelum alarm menjadi error atau mogok.
  • Efek Samping Obat
    Pemakaian obat-obatan tertentu, bisa memberikan efek samping pada frekuensi BAB. Seperti pemakaian obat-obatan diuretik, antipsikotik, antidepresan, antiepilepsi, sumplemen kalsium, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan obat pereda nyeri yang bersifat “candu”, seperti morfin dan kodein.
  • Gangguan Kesehatan
    Ketidakteraturan BAB, pada kasus tertentu juga bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan lainnya. Seperti kelebihan kalsium dalam darah, fisura anal, peradangan usus, kanker usus besar, cedera pada saraf tulang belakang, hingga diabetes.
  • Pengaruh Psikologis
    Gangguan psikologis seperti stres, cemas, depresi, pelecehan seksual, dan trauma, bagi sebagian orang juga bisa menyebabkan ketidakteraturan pada frekuensi BAB. Oleh karena itu, penting juga untuk bisa mengendalikan diri.
  • Pola Makan dan Gaya Hidup
    Segala sesuatu yang masuk dalam tubuh, bisa mempengaruhi frekuensi BAB. Mungkin tubuh kekurangan serat dari buah-buahan, sayuran, atau bisa juga karena kekurangan cairan. Selain itu, berat badan juga turut andil dalam hal ini. Orang yang memiliki tubuh sangat gemuk, atau terlalu kurus, bisa mengundang konstipasi.

Inilah Makanan Pelancar Bab Paling Mujarab

Kesulitan atau tidakteraturan BAB harus segera ditangani. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, bukan tidak mungkin, jika hal ini bisa menimbulkan permasalahan yang baru. Dari yang ringan seperti perut terasa begah, perut kembung, sembelit, wasir, hingga radang dan kanker usus. Oleh karena itu, saya akan berbagi mengenai beberapa Makanan Pelancar BAB.

1. Apel Merah

makanan pelancar bab dengan apel

Apel mengandung senyawa pektin, yang juga bermanfaat untuk tubuh. Senyawa ini dapat mempersingkat masa transit pembuangan kotoran (BAB) melalui anus, meningkatkan bakteri baik yang terdapat pada usus, dan mengurangi sembelit. Selain itu, apel merah juga memiliki kandungan serat, yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

2. Kiwi

Buah yang dibandrol cukup tinggi ini, ternyata memiliki manfaat yang seabrek. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, pencegahan kanker, menjaga kesehatan janin, tulang, serta jantung, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam satu buah kiwi yang berukuran sedang, mengandung kurang lebih 2,3 gram serat dan kreatinin. Zat ini berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel-sel syaraf, yang mengendalikan pergerakan pada usus.

3. Pir

makanan pelancar bab dengan pir

Pir adalah buah yang memiliki kadar air cukup tinggi. Namun, air bukan sembarang air. Air pada buah pir mengandung senyawa sorbitol, yang dapat meningkatkan jumlah air di dalam feses, sehingga didapatkan tekstur yang ideal. Selain itu, buah pir juga mampu memenuhi kebutuhan harian serat Anda sebanyak 24%. Sedangkan kadar fruktosanya dapat berperan sebagai pencahar yang alami.

4. Alpukat

Buah yang berasal dari Meksiko ini memiliki kandungan fiber yang cukup tinggi. Fiber ini berfungsi sebagai serat alami bagi tubuh. Serat tersebut akan menyerap air dalam saluran pencernaan, sehingga mampu mengurangi gejala sembelit. Dengan mengkonsumsi buah ini, Anda juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit hernia usus.

5. Buah Naga

makanan pelancar bab dengan buah naga

Makanan pelancar bab yang satu ini memang pantas menjadi idola, karena segudang manfaat yang dimilikinya. Buah naga mengandung zat besi, vitaminC, vitamin B, kalsium, potasium, asam lemak, dan serat probiotik. Serat ini sangat bagus untuk usus, dan dipercaya mampu mengatasi sembelit.

6. Keluarga Berry

Seperti yang kita ketahui, buah berry memiliki banyak jenisnya, seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry. Selain bentuknya yang lucu dan lezat, buah berry juga tinggi akan serat. Anda bisa menjadikannya camilan atau campuran dalam salad, agar BAB tetap lancar.

7. Brokoli

makanan pelancar bab dengan brokoli

Kandungan gizi yang cukup lengkap, membuat sayuran ini masuk ke dalam daftar superfood. Apalagi kalau bukan, brokoli. Penampilannya yang lucu dan menarik, sama semenariknya dengan manfaat yang terkandung di dalamnya. Selain mampu memperlambat osteoarthritis, mencegah kanker, brokoli juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dan hal ini menyebabkan brokoli termasuk makanan pelancar bab.

8. Bayam

Sayur bayam terkenal dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Namun, siapa yang menyangka jika sayur bayam juga tinggi akan serat. Serat yang terkandung dalam bayam, mampu melindungi saluran pencernaan dalam tubuh.

9. Lidah Buaya

Keberadaan lidah buaya atau aloe vera semakin hari semakin tenar. Kandungannya yang komplit, membuat tanaman ini digunakan sebagai campuran di berbagai macam produk. Selain bermanfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya, yaitu membantu mengatasi permasalahan pada usus dengan kandungan anti inflamasinya.

10. Temulawak

Temulawak, bagi orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang termasuk bahan jamu-jamuan ini, memang memiliki manfaat yang cukup dekat untuk pencernaan. Mulai dari menyembuhkan penyakit mag, menstabilkan asam lambung, hingga melancarkan pembuangan tinja.

11. Kacang-kacangan

Bahan makanan yang satu ini, masuk ke dalam daftar favorit Anda juga, kan? Selain lezat, mudah dalam pengolahannya, jenisnya pun beragam. Dan yang menggembirakan lagi, keluarga kacang-kacangan juga memiliki manfaat yang jitu. Dalam kecantikan, kacang-kacangan bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan membantu proses pembentukan kolagen. Sedangkan untuk pencernaan, kacang-kacangan juga dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

12. Popcorn

Wah, siapa yang menyangka jika camilan yang identik dengan bioskop ini, termasuk dalam daftar makanan sehat. Pop corn mengandung serat yang cukup tinggi, bergizi, dan juga rendah kalori. Oleh karena itu, pop corn juga mampu melancarkan pencernaan. Namun dengan syarat, diolah tanpa bahan-bahan tambahan, seperti mentega, minyak, gula, dan garam.

13. Oatmeal

Selama ini pasti Anda mengira, jika oatmeal hanya disarankan untuk penderita penyakit jantung dan diabetes saja. Namun perlu Anda ketahui, oatmeal juga menawarkan banyak manfaat dalam masalah pencernaan. Jadi tidak ada salahnya, jika memasukkan oatmeal ke dalam daftar belanjaan Anda.

Demikian daftar makanan pelancar Bab yang bisa Anda catat, lalu praktekkan. Anda tidak perlu pusing lagi, karena semua bahan di atas sudah ada di sekitar. Alam sudah menyediakan sedemikian rupa untuk manusia. Simple, praktis, alami, dan menyehatkan. Bersahabatlah dengan alam, maka alam akan membantu Anda. Dan jangan lupa untuk minum air putih, minimal 8 gelas setiap hari ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.