Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Pantangan Saat Haid Dan Anjuran Yang Perlu Kamu Perhatikan

pantangan saat haidHaid adalah siklus bulanan dialami oleh wanita di usia yang telah matang organ reproduksinya. Setiap wanita memiliki gejala berbeda ketika sedang haid. Ada yang biasa saja ketika sedang mengalami siklus bulanan. Adapula yang mengalami nyeri saat haid. Sakit di sekitar pinggang dan panggul, sakit kepala, badan terasa lemas, dan lain-lain.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang haid. Misalnya menjaga pola makan dan juga aktivitas harian yang terkadang dianggap sepele namun berfungsi memberikan rasa nyaman ketika haid. Berikut ini akan diulas apa saja pantangan saat haid beserta anjurannya.

Inilah Pantangan Saat Haid Yang Harus Dihindari

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika haid. Namun hal ini sering dianggap remeh oleh wanita. Padahal jika dilakukan akan membuat masa haid lebih nyaman untuk dilalui.

1. Makanan

pantangan saat haid dengan makanan

Ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat haid. Alasannya tentu untuk kesehatan dan kenyamanan. Makanan apa saja yang perlu dihindari ketika haid?

  • Makanan Berlemak
    Makanan berlemak yang dimaksud adalah makanan olahan dari santan, gorengan, makanan cepat saji, juga makanan dengan kandungan lemak tinggi.
  • Makanan Asin
    Kurangi mengonsumsi makanan asin ketika haid. Makanan asin bisa menghambat penyerapan cairan dalam tubuh. Sedangkan ketika haid tubuh justru perlu asupan cairan lebih banyak.
  • Makanan Manis
    Makanan manis juga seharusnya dikurangi ketika haid. Karena manis alami dari makanan sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh. Untuk itu hindari makanan seperti aneka sajian es yang bercita rasa manis.

2. Minuman

pantangan saat haid dengan minuman

Ketika sedang haid memang dianjurkan untuk lebih banyak meminum air. Namun ada beberapa minuman yang sebaiknya tidak diminum ketika sedang haid.

  • Minuman Beralkohol
    Minuman jenis ini mungkin sebaiknya dihindari meskipun tidak sedang haid. Karena tidak ada efek yang bagus bagi tubuh untuk minuman beralkohol.
  • Minuman Bersoda
    Ketika sedang haid sebaiknya kurangi konsumsi minuman bersoda. Karena minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang tinggi, tidak baik untuk kesehatan tubuh.
  • Minuman Mengandung Cafein
    Meminum kopi atau teh ketika sedang haid tidak dianjurkan. Karena berpotensi meningkatkan asam lambung yang berakibat pada rasa tdak nyaman di perut.

3. Berhubungan Seksual

pantangan saat haid yaitu berhubungan seksual

Larangan lainnya ketika sedang haid adalah tidak boleh melakukan hubungan intim. Bagi umat islam, larangan ini sudah jelas berlaku. Begitu pula dengan ilmu medis. Karena saat haid kondisi vagina dan rahim sedang tidak stabil.

4. Olahraga Berat

Bagi Anda yang terbiasa olahraga berat apalagi di bagian perut, ada baiknya ketika haid mengurangi porsinya. Cukuplah berolahraga ringan seperti sepeda atau jogging.

5. Diet Ketat

Bagi Anda yang sedang program diet, sebaiknya jangan terlalu ketat ketika haid. Karena saat haid tubuh perlu asupan yang cukup agar tidak lemas.

6. Membatasi Aktivitas

Saat haid bukan dilarang untuk beraktivitas sama sekali. Hanya saja perlu membatasi diri dari aktivitas fisik yang berlebihan. Jangan sampai tubuh merasa cepat lelah karena aktivitas yang tinggi.

7. Posisi Duduk yang Lama

Bagi Anda yang beraktivitas dengan posisi duduk terlalu lama sebaiknya sempatkan berdiri atau berjalan sesaat. Duduk terlalu lama bisa menghambat peredaran darah kotor yang hendak keluar.

8. Stress

Saat haid hormon dalam diri wanita memang menjadi tidak stabil. Akibatnya menjadi mudah marah, menangis, atau emosi yang berubah-ubah dalam satu waktu. Saat sedang haid sebaiknya menjaga pikiran tetap positif dan nyaman. Hindari hal-hal yang mengakibatkan stress meningkat.

9. Malas

Saat sedang haid tubuh menjadi lemas. Berakibat pada rasa malas untuk melakukan apapun. Haid bukan alasan untuk bermalas-malasan. Apalagi hingga mengabaikan kebersihan diri. Atasi dengan melakukan aktivitas ringan yang membangkitkan semangat seperti bercocok tanam atau berkebun.

10. Minum Obat Hormonal

Untuk Anda yang sedang menjalani terapi hormone seperti program KB dan lainnya, sebaiknya tunda pengobatan Anda sampai haid selesai. Hal ini disebabkan, obat-obatan hormonal bisa mempengaruhi haid hingga membuatnya berhenti lebih cepat.

Anjuran Saat Haid

pantangan saat haid dan anjuran saat haid

Jika di atas telah menjelaskan apa saja yang menjadi pantangan saat haid, sebaiknya Anda juga perlu tahu apa saja yang dianjurkan. Dengan menyimak informasi ini semoga Anda tetap sehat dan bugar saat haid.

1. Makanan Tinggi Kalium

Makanan ini baik untuk dikonsumsi ketika haid. Adapun makanan yang mengandung kalium adalah kacang, pisang, ubi jalar, dan beberapa jenis makanan lainnya.

2. Minum Air Putih Lebih Banyak

Saat sedang haid tubuh perlu asupan cairan lebih banyak. Tubuh harus dapat mengimbangi antara darah kotor yang keluar dengan jumlah air putih yang diminum. Untuk itu konsumsi air putih lebih banyak daripada hari biasa. Untuk mengurangi nyeri haid ada baiknya meminum air hangat atau jamu.

3. Minum Jamu

Meminum jamu ketika haid akan membuat tubuh lebih segar. Darah yang keluar pun lebih banyak sehingga memperpendek waktu haid. Selain itu juga mengurangi bau amis darah.
Jamu herbal kunyit asam adalah solusi tetap fit ketika haid. Berikut resep jamu kunyit asam yang bisa dicoba di rumah.

  • 125 gram asam jawa
  • 125 gram kunyit
  • 50 gram gula jawa
  • 1 liter air untuk merebus

Cara membuat :

  • Bersihkan kunyit dari kulitnya. Cuci bersih, lalu parut (jika ingin cara yang praktis cukup dengan memotong kecil kunyit).
  • Sambil membersihkan kunyit, rebus terlebih dahulu asam jawa beserta gula jawa.
  • Campurkan kunyit yang telah bersih ke dalam rebusan asam jawa dan gula jawa. Biarkan mendidih hingga 15 menit.
  • Saring terlebih dahulu sebelum diminum. Sajikan selagi hangat. Minuman ini sangat nikmat dan dapat mengembalikan kondisi tubuh yang lemas.

4. Olahraga

Sedang haid bukan berarti tidak boleh berolahraga. Olahraga ringan seperti bersepeda, jalan santai, atau jogging justru dianjurkan.

5. Sering Mengganti Pembalut

Untuk menjaga kebersihan organ intim sebaiknya sering mengganti pembalut. Seberapa sering mengganti pembalut biasanya dilihat dari seberapa banyak darah kotor yang keluar. Umumnya ganti pembalut 3 hingga 6 jam sekali, atau jika sudah merasa tidak nyaman dengan pembalut.

6. Menjaga Kebersihan Organ Intim

Menjaga kebersihan organ intim tidak hanya dengan rajin mengganti pembalut. Perlu ada tips khusus agar kebersihan organ intim tetap terjaga.

  • Membasuh yang Benar
    Bersihkan daerah intim dengan benar ketika sedang membasuh. Mulai menyiram dari arah atas (vagina) lalu ke bawah (anus). Bukan dengan cara dari bawah ke atas.
  • Sabun Tanpa Pengharum
    Jika ingin membersihkan daerah intim jangan gunakan sabun dengan tambahan pewangi. Pilih sabun yang bebas pewangi dan minim bahan kimia. Bisa juga membasuh dengan air hangat.
  • Keringkan dengan Handuk
    Setelah membasuh daerah intim sebaiknya keringkan dengan handuk yang bersih dan lembut.
  • Ganti Pembalut
    Ganti pembalut setiap kali anda habis buang air kecil. Dengan cara ini kebersihan daerah intim lebih terjaga.
  • Celana Dalam Berbahan Katun
    Demi kenyamanan dan kebersihan, gunakan celana dalam yang terbuat dari katun atau bahan lain yang mudah menyerap keringat.

7. Bercukur

Ketika menjelang siklus bulanan ada baiknya membersihkan bulu di daerah organ intim. Cara ini juga dianjurkan agar kelembapan daerah intim tetap terjaga meski sedang haid dan menggunakan pembalut.

Itulah beberapa anjuran dan pantangan saat haid yang perlu Anda tahu dan menjadi perhatikan. Selain itu juga ada beberapa anjuran yang perlu dicoba agar haid lancar dan nyaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.